Perlunya Optimasi SEO untuk Mengoptimalkan Peringkat Situs | Kelas Mat Perlunya Optimasi SEO untuk Mengoptimalkan Peringkat Situs | Kelas Mat

Perlunya Optimasi SEO untuk Mengoptimalkan Peringkat Situs

Agar konten-konten di dalam website kita tidak tenggelam dan bisa bersaing di posisi halaman pertama google, maka kita perlu melakukan optimasi SEO.

Optimasi SEO website perlu dilakukan tujuannya adalah untuk mengoptimalkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencarian besar seperti Google search atau pun lainnya. Hal ini dilakukan karena kita tau bahwa dalam satu hari saja ada jutaan konten baru atau sama yang diterbitkan oleh website lain dan tentunya berebut posisi di mesin pencari. Semakin situs anda berada dihalaman atas atau posisi halaman pertama, maka semakin besar pula peluang anda akan menuai hasil dari bisnis anda.

Nah Agar konten-konten di dalam website atau blog kita tidak tenggelam dan bisa bersaing di posisi halaman pertama, maka kita perlu melakukan optimasi SEO. Caranya dengan menggunakan alat atau tools yang sudah disediakan oleh google dan tentunya alat ini gratis.

3 Tools Gratis Optimasi SEO Untuk Optimalkan Peringkat Situs

Tools Gratis Optimasi SEO Mencapai peringkat atas di halaman mesin pencarian google merupakan salah satu strategi yang sangat penting. Memang membutuhkan proses dan waktu

untuk mencapainya. Untuk itulah, mengapa Anda perlu menggunakan 3 tools Gratis ini dalam mengoptimalkan peringkat situs.

1. Google Search Console

Google Search Console, yang dulu kita kenal dengan nama Google Webmaster Tools platform gratis yang telah disediakan oleh perusahaan Google bagi para pemilik website untuk mengirimkan peta situs website ke google serta memantau kinerja atau performa website yang Anda kelola.

Besarnya Pengaruh Backlink Dalam Bisnis
Melakukan optimasi SEO khususnya dalam menanam backlink merupakan cara yang sangat tepat untuk anda lakukan Karena Backlink yang berkualitas akan memberikan manfaat yang signifikan terhadap website bisnis anda.
Pengaruh Backlink

Fokus utama dari Google Search Console ini adalah pada data penelusuran/inspect url dan pengoptimalannya. Untuk memaksimalkan strategi SEO pada website bisnis anda, sekarang ini Google Search Console sudah terintegrasi dengan Google Analytics.

2. Google Analytics

Tools SEO yang kedua yang bisa anda gunakan adalah Google Analytics. Tugas utama tools ini adalah memantau data pengunjung secara akurat dan realtime. Jadi anda bisa tau dari kalangan mana saja pengunjung situs anda. Produk mana yang paling banyak dicari dan kata kueri apa yang paling banyak ditelusuri oleh pengunjung situs anda.

Google Analytics untuk optimasi blog

Nah Jika saat ini website atau blog Anda belum dilengkapi Google Analytic, maka saran saya segera lakukan pemasangan. Karena Hampir semua data penting ada di dalam tools ini, mulai dari jumlah pengunjung, konten yang terindeks, traffic situs, jumlah tayangan, sumber traffic, bahkan data demografi pengunjung situspun bisa dapat anda ketahui dengan tools analytics ini.

3. Google PageSpeed Insights

Pastinya anda sudah tahu, kalau Google saat ini mempriotaskan kecepatan situs sebagai faktor yang menentukan peringkat website Anda di mesin pencarian google. Untungnya, Google PageSpeed Insights hadir secara gratis. Tools ini disediakan oleh Google agar para pemilik website bisa melakukan analisis sendiri mengenai kecepatan websitenya.

Bukan hanya itu, Google PageSpeed Insights ini juga tidak hanya untuk mengetahui kecepatan website saja lho, namun lebih dari itu, untuk mengetahui kualitas website berdasarkan faktor-faktor penentu lain yang disyaratkan agar mendapatkan rangking posisi halaman pertama di mesin pencari google.

Animasi Teks Bernafas dengan CSS
Animasi ini cocok diterapkan pada judul atau Header Blog anda yang tidak mau menggunakan image atau gambar. Kita tahu, dengan mengganti judul blog dengan gambar, maka akan sedikit memberatkan loading blog tersebut.
Animasi Teks dengan Splitting.js

Dengan menggunakan Google PageSpeed Insights ini, anda akan mengetahui beberapa data berikut ini:

  1. First Contentful Paint: waktu muat gambar dan tulisan pertama kali muncul.
  2. Speed Index: waktu muat keseluruhan website hingga terlihat jelas.
    Semakin rendah angkanya, maka website Anda semakin bagus.
  3. Largest Contentful Paint: adalah waktu saat teks atau gambar terbesar dapat muncul secara sempurna.
  4. Time to Interactive: waktu pertama sebuah halaman dianggap interaktif atau dapat merespons perintah lain dengan cepat.
  5. Total Blocking Time: jumlah semua jangka waktu antara First Contentful Paint dan Time to Interactive, ketika durasi tugas melebihi 50 md (milidetik).
  6. Cumulative Layout Shift: pergeseran icon atau tombol di website yang terlihat di keseluruhan layar pengunjung website.

Itulah 3 tools utama Google yang perlu anda gunakan untuk mengoptimalkan peringkat situs anda di halaman hasil pencarian google. Nah apakah ke-3 tools di atas sudah Anda gunakan? Jika belum, segeralah melakukan pengaturan dan menghubungkan website Anda dengan tool-tool gratis tersebut.

Referensi Terkait

ArRahim

"Berbagi itu bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri".

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama