7 Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner

shares

7 Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner
Banyak orang-orang sukses yang justru ketika kuliah mereka hanya biasa-biasa saja. Bahkan mungkin, kebanyakan dari orang-orang sukses ini adalah orang yang gagal ketika di sekolahnya. Dalam sejarah menceritkan banyak nama-nama atau tokoh terkenal dunia yang sangat sukses justru tidak pernah berprestasi di sekolah. sebut saja misalnya Ilmuwan dan matematikawan Isaac Newton , pengarang Leo Tolstoy , dan Perdana Menteri Inggris , Winston Churchill , mereka semua pernah megalami kegagalan di sekolah mereka.

Bahkan Sang tokoh terkenal seperti Thomas Edison saja pernah dikeluarkan dari kelas oleh gurunya karena dianggap terlalu bodoh untuk bisa mempelajari apa pun. Dan Ilmuwan Albert Einstein pun baru bisa membaca saat berumur tujuh tahun dan masih banyak lagi tokoh lainnya yang mengalami kegagalan demi kegagalan namun tidak pernah berputus asa sampai akhirnya berhasil mengukir indah nama nya sampai dengan saat ini. Hal ini bisa terjadi karena mereka hanya di nilai dari salah satu kecerdasannya saja. Padahal, sebenarnya ada banyak jenis kecerdasan manusia yang apabila dioptimalkan maka akan sangat luar biasa hasilnya. Seperti yang disebutkan oleh Howard Gardner, bahwa manusia setidaknya memiliki 7 kecerdasan. Nah apa saja kah kecerdasan yang dimiliki manusia?

Apa Saja 7 Kecerdasan Manusia menurut Howard Gardner

Howard Gardner menyatakan bahwa sedikitnya ada 7 potensi kecerdasan dalam diri manusia. Tujuh kecerdasan itu adalah kecerdasan visual (spasial), kecerdasan verbal (linguistik), kecerdasan musik , kecerdasan kinestetik , kecerdasan logis (matematis), kecerdasan interpersonal , dan kecerdasan intrapersonal.
Bahkan sebenarnya howard juga menambahkan satu lagi kecerdasan manusia, yaitu kecerdasan Natural. Sehingga menjadi 8 Kecerdasan. Namun khusus untuk pembahasan kali ini hanya 7 Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner

1. Kecerdasan visual (spasial)

Kecerdasan spasial merupakan kecerdasan dan kemampuan berpikir seseorang dalam bentuk gambar. Mereka juga memiliki kemampuan pengamatan yang tinggi. Kecerdasan yang mampu melahirkan mahakarya atau memecahkan masalah rumit yang berhubungan dengan gambar/geometri.

2. Kecerdasan Verbal (linguistik)

Kecerdasan verbal atau bahasa adalah kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan kemampuan memahami, memanfaatkan, dan menggunakan bahasa dengan baik. Mereka yang cerdas dalam hal linguistik umumnya lancar dan pandai berbicara dengan tutur kata yang teratur.

3. Kecerdasan musik

Kecerdasan musik adalah kecerdasan gabungan untuk mengenali pola nada, tinggi rendahnya nada, melodi, dan irama. Mereka juga memiliki kemampuan menangkap aspek-aspek bunyi dan musik secara mendalam dan penuh perasaan

4. Kecerdasan kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan dalam hal olah tubuh (mengolah raga). Kecerdasan seseorang dalam mengolah tubuh dan mengekspresikan gagasan dan emosi melalui gerakan. Kecerdasan kinestetik juga mencakup kemampuan seseorang untuk mengolah atau menangani suatu benda dengan terampil atau cekatan. Termasuk kemampuan membuat/mencipta sesuatu dari benda.

5. Kecerdasan logis (matematis)

Kecerdasan logis (matematis) adalah kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan kemampuan mengatur pola pikir induktif atau deduktif, bekerja dengan angka dan pola yang abstrak, serta kemampuan berpikir logis.

6. kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Kecerdasan ini menuntun seseorang untuk memahami, bekerja sama dan berkomunikasi, serta memelihara hubungan baik dengan orang lain.

7. Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan seseorang dalam mengenali dan memahami diri sendiri lebih dari orang lain. Kecerdasan dan kepekaan terhadap nilai, tujuan dan perasaan diri sendiri. Meskipun mereka cerdas dalam memahami diri sendiri, tetapi mereka juga cerdas dan mampu menempatkanya dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain

Kesimpulan tentang 7 Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner :

Dari penjelasan singkat tersebut kita tahu bahwa kecerdasan seseorang itu tidak hanya berhubungan dengan kecerdasan IQ semata, tetapi kecerdasan yang beragam macam karakter. Dan yang terpenting dari itu semua adalah bahwa kecerdasan adalah kemampuan membentuk seseorang untuk sukses dan berhasil dalam hidupnya dengan atau tanpa bantuan proses belajar mengajar di sekolah. Karena memang Sekolah adalah hanya salah satu alat bantu untuk membentuk karakter dan kecerdasan seseorang
Itulah 7 Jenis Kecerdasan Manusia yang diungkapkan Menurut Howard Gardner.

Related Posts

Buka Komentar Blog

2 komentar:

Firdaus said...

Info yang menarik juga gan.. slam kenal

Abdul Rahim said...

Makasih dah mau mampir gan..

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam