Adam Osborne Sang Penemu Laptop

shares


Adam Osborne Sang Penemu Laptop Dijaman yang modern seperti sekarang ini, hampir semua pekerjaan kantor tidak pernah lepas dari sebuah alat yang namanya komputer portabel atau yang kita kenal dengan laptop. Namun, pernahkah para sobat blogger mengenal atau membaca biografi dari sang penemu laptop yang pertama kali? Siapa orang yang berhasil membuat dan menemukan laptop yang selama ini kita punya dan kita pergunakan sehari-hari? Ternyata yang membuat laptop adalah pak kumis yang disamping itu loh.. nama nya adalah om Adam Osborne.

Adam Osborne

Ya, Adam Osborne adalah salah seorang yang memegang peranan penting dan berpengaruh didalam sejarah awal pembuatan komputer khususnya laptop. Adam Osborne lahir di Thailand pada 1939, dan menghabiskan masa anak-anaknya di Tamil Nadu, India Selatan bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Ia pindah ke inggris saat berusia 11 tahun.

Riwayat Singkat Adam Osborne

Pada tahun 1961 ia lulus dari universitas Birmingham , Inggris, sebagai sarjana muda dibidang teknik kimia. Setelah itu, ia pindah ke amerika serikat dan menyelesaikan pendidikannya di universitas Delaware dan memperoleh gelar Doktor dibidang teknik kimia. Kemudian Ia bekerja disebuah perusahaan pertambangan minyak Shell Oil. Pada awal tahun 1970-an, ia mendapatkan pekerjaan barunya sebagai penulis buku panduan bagi mikroprosesor milik sebuah perusahaan komputer. Ia tetap meneruskan pekerjaan sebagai penulis sampai tahun 1972. Kemudian ia mencoba mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Osborne and Associates, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penulisan buku manual komputer.
Karyanya antara lain The Value of Power, yang kemudian mengubah judulnya menjadi An Introduction to Microcomputers. Ia mencoba menawarkan bukunya kepada sebuah penerbit yang berada dikotanya, Namun sayangnya buku itu ditolak. Tapi Osborne tidak pernah putus asa. lalu ia memutuskan untuk mencoba menerbitkan bukunya itu sendiri.
Lima tahun kemudian, penerbit Osborne Books telah menerbitkan lebih dari 40 judul buku tentang komputer. Lalu pada tahun 1979 karena sesuatu hal, osborne menjual perusahaan penerbitannya kepada McGraw-Hill. Ia mulai berpikiran bahwa suatu saat nanti perusahaan komputer yang ada saat itu pasti akan mengerti tentang konsep-konsep (ide-ide) yang ada di kepalanya. Namun, perusahaan yang ada belum siap dengan konsep-konsepnya.
Setelah menjual perusahaan penerbitannya Osborne pun mulai mengalihkan tenaganya untuk mendesain komputer yang portabel, mudah digunakan dan kuat. Pada maret 1980, ia mendapat tawaran untuk mengembangkan hardware dan softwarae yang murah. Ia berupaya untuk mempublikasikan software yang murah untuk menyaingi software-software mahal yang sedang ada dipasaran saat itu. Sayangnya, ada perusahaan yang menuntutnya karena pelanggaran hak paten, dan pengadilan memenangkan gugatan tersebut.

Bagaimana pun Adam Osborne merupakan seorang penemu yang jenius tentang bagaimana membuat komputer portabel yang memberi kemudahan-kemudahan untuk para pengguna komputer. Dalam kesehatan yang kian hari kian menurun akibat menderita gangguan otak, Adam Osborne akhirnya pindah ke India, dan pada tanggal 25 Maret 2003 akhirnya Adam Osborne meninggal dunia di Kadiakanal, India Selatan, akibat penyakit yang berkepanjangan pada otaknya.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Adam_Osborne

Related Posts

Buka Komentar Blog

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam