Tahukah Anda Perbedaan Planet Dalam dan Planet Luar?

shares

Tata Surya terdiri dari matahari, planet-planet dan benda langit lainnya. Semuanya secara langsung dan tidak langsung beredar mengelilingi matahari.

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya :


Matahari sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet karena gravitasinya yang sangat besar. Matahari merupakan bola gas yang bercahaya dimana suhu permukaannya mencapai 6000°C, sedangkan bagian dalamnya lebih panas lagi yaitu sekitar 15 juta °C. Diameter Matahari lebih kurang 109 kali diamter bumi dan letaknya kurang lebih 150 juta km dari bumi. Matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri, oleh karena itu matahari disebut juga sumber cahaya.

Planet-planet :

Menurut hasil kesepakatan para ahli astronomi tingkat dunia pada bulan agustus 2006, pengertian planet adalah benda angkasa yang mengorbit mengelilingi sebuah bintang dan ia sendiri bukanlah bintang. Planet berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk seperti bola.
Berdasarkan peraturan/kesepakatan baru tentang planet, jumlah planet sekarang menjadi 8, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sedangkan Pluto tidak lagi disebut sebagai planet. Hal ini disebabkan orbit pluto bersinggungan dengan orbit Neptunus.
Orbit (garis edar) planet tidak boleh bersinggungan dengan orbit planet tetangganya
Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Planet-planet dapat mengelilingi matahari karena gaya gravitasi matahari lebih besar dari planet. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali revolusi disebut kala revolusi. dan kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang disebut satu tahun. Bidang tempat planet beredar disebut bidang edar, dan bidang edar bumi disebut ekliptika. Perputaran planet mengelelingi sumbunya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk berotasi pada sumbunya disebut kala rotasi.
Berdasarkan letak garis edarnya, planet-planet digolongkan menjadi dua bagian, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet yang lintasan edarnya berada diantara matahari dan bumi. sehingga yang termasuk kedalam planet dalam adalah Merkurius dan Venus. Sedangkan planet-planet yang lain disebut planet luar, karena lintasan edarnya berada diluar lintasan edar bumi.
Sumber : dikutip dari beberapa sumber.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam