Aplikasi Matematika yang Wajib Anda Pakai dalam Pembelajaran Matematika | Kelas Mat Aplikasi Matematika yang Wajib Anda Pakai dalam Pembelajaran Matematika | Kelas Mat

Aplikasi Matematika yang Wajib Anda Pakai dalam Pembelajaran Matematika

Aplikasi atau software pembelajaran matematika berbasis IT baik online maupun offline yang wajib kamu miliki untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Seiring dengan perembangan teknologi pada zaman sekarang ini, upaya yang menarik untuk dicoba adalah dengan pemanfaatan teknologi (software) komputer untuk meracang media dan bahan pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan dinamis sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa.

National Council of Tecahers of Mathematics (NCTM) menyatakan teknologi memiliki peranan penting dan memberi pengaruh kuat pada pengajaran dan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika berbantuan Information and Communication Technology (ICT) menghasilkan ketercapaian siswa lebih baik dibandingkan dengan ketercapaian siswa dengan pembelajaran tanpa bantuan ICT.

Aplikasi Matematika yang Wajib Anda Pakai dalam Pembelajaran Matematika

Microsoft Mathematics

Microsoft Mathematics

Microsoft Mathematics merupakan program edukasi, dibuat untuk sistem operasi Microsoft Windows untuk membantu pengguna menyelesaikan permasalahan matematika dan sains. Aplikasi ini dibangun dan diprakarsai oleh Microsoft, dimana tujuan utamanya adalah untuk digunakan oleh siswa sebagai alat bantu belajar.

Microsoft Mathematics adalah perangkat lunak sejenis kalkulator namun memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki kemampuan untuk menjabarkan secara detail langkah demi langkah penyelesaian suatu persoalan dalam ilmu pasti. Microsoft Mathematics salah satu software gratis yang dapat membantu guru matematika mengajarkan beberapa materi matematika seperti kalkulus, statistik, trigonometri, geometri, matematika diskrit, dan aljabar linier.

Baca Juga : Soal Ulangan Harian Pola Bilangan Kelas 8{alertWarning}

Microsoft Mathematics dapat mengerjakan berbagai fungsi matematika, seperti:

  1. Melakukan perhitungan matematika standard seperti akar dan logaritma
  2. Menyelesaikan operasi persamaan dan pertidaksamaan
  3. Menyelesaikan aturan segitiga
  4. Melakukan konversi dari suatu satuan ke bentuk satuan lain
  5. Melakukan perhitungan trigonometri, seperti sinus atau cosinus
  6. Operasi matriks dan vektor
  7. Statistika dasar
  8. Operasi kompleks
  9. Menggambar grafik 2D maupun 3D dalam diagram kartesius
  10. Operasi turunan, integral, dan limit

MATLAB

MATLAB

Sistem persamaan linier (SPL) merupakan gabungan dari beberapa persamaan linier yang dapat diselesaikan dengan berbagai metode seperti eleminasi dan substitusi, eliminasi Gauss, operasi baris elementer (OBE), aturan Crammer, serta determinan dan adjoin. Jika menggunakan metode-metode tersebut maka proses pengerjaan soal sering kali membutuhkan waktu yang sangat lama. Sehingga, untuk mempermudah pengerjaan soal dapat menggunakan software MATLAB.

Menurut Suarga (2005 :2) memaparkan “MATLAB adalah singkatan dari Matrix Laboratory, suatu perangkat lunak matematis yang menggunakan vektor dan matriks sebagai elemen data utama”.

MATLAB diciptakan di universitas Mexico dan Stanford University di tahun 70-an yang kemudian tahun demi tahun disempurnakan hingga saat ini.

Pemprograman MATLAB, untuk menyelesaikan persamaan dibutuhkan setidaknya dua metode, yaitu:

  • Menggunakan respresentasi matriks
  • Menggunakan fungsi solve

Sebagai sebuah sistem, MATLAB tersusun dari 5 bagian utama, yaitu:

  1. Development Enviroment
  2. MATLAB Mathematical Function Library
  3. MATLAB Language
  4. Graphics
  5. MATLAB Application Program Interface (API)

Kegunaan MATLAB

Secara umum, kegunaan mathlab adalah sebagai berikut :
  1. Matematika dan komputasi
  2. Perkembangan algoritma
  3. Pemodelan, simulas, dan pembuatan prototype
  4. Analisis data, eksplorasi, dan visualisasi
  5. Pembuatan aplikasi, termasuk pembuatan antara muka grafik

GeoGebra

GeoGebra

Salah satu program komputer (software) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika adalah program Geogebra yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada tahun 2001. Geogebra adalah program komputer (software) untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar.

Pemanfaatan Geogebra memberikan beberapa keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Lukisan-lukisan geometri bisa dihasilkan dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
  2. Adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada program Geogebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep geometri.
  3. Dapat dimanfaatkan sebagai balikan/evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat benar.
  4. Mempermudah guru/siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri.

Cabri 3D

Cabri 3D

Cabri 3D merupakan software geometri interaktif yang masuk ke dalam jenis Dynamic Geometri Software (DGS). Software ini merupakan pengembangan dari software geometri Cabri II Plus. Cabri 3D mampu menyajikan objek geometri yang sangat baik dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang serta mampu menentukan hubungan antara objek-objek tersebut.

Cabri 3D tidak hanya digunakan sebagai software yang mempresentasikan geometri saja, tetapi juga dapat digunakan secara umum untuk memudahkan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Software Cabri 3D memberikan kemudahan bagi siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, terutama memberikan kemudahan bagi siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan konsep secara mandiri dengan menggukan sedikit perhitungan dan manipulasi.

SPSS (Statistical Package for the Social Science)

SPSS singkatan dari Statistical Package for the Social Science merupakan program olah data statistik yang paling populer dan digunakan hampir seluruh dunia untuk berbagai keperluan terhadap disiplin ilmu pengetahuan, baik lingkup manajemen (riset pemasaran), biologi, pertanian, teknik, industry, psikologi, maupun bidang lainnya. Hal ini dikarenakan kemudahan pengoperasian software SPSS dan lengkapnya teknik-teknik analisis statistic yang tersedia.

Menurut Yamin dan Kurniawan (2011 : 2) menyatakan bahwa “Hingga kini software SPSS terus menambah tool-tool baru untuk analisis data mengikuti perkembangan ilmu statistik”.

Maple

Maple

Maple adalah suatu program aplikasi komputer untuk matematika yang diproduksi oleh Waterloo Maple Inc, Ontario, Canada. Program ini pada awalnya dikembangkan oleh civitas University of Waterloo, Canada tahun 1988.

Menurut Marjuni (2007 : 6) memaparkan bahwa software Maple termasuk kategori software komputasi simbolik (Symbolic Computation System), yang bekerja berdasarkan model-model matematika (dalam bentuk simbol atau ekspresi atau persamaan matematika).

Menurut Marjuni (2007 : 6) menjelaskan bahwa Maple juga memanjakan penggunanya dalam menikmati kemudahan berinteraksi secara matematis. Penulisan, perhitungan, dan manipulasi ekspresi matematis maupun penanganan grafik 2D, 3D, dan animasi dapat dilakukan dengan menggunakan perintah-perintah dengan sintaks yang mudah serta menampilkan respon solusinya sebagaimana yang diperoleh apabila dikerjakan secara manual.

Macam-macam Kerajinan dari Bahan Alam yang bisa kita buat
Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Kekayaan alam ini menghasilkan banyak bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan.
macam-macam kerajinan dari bahan alam yang bisa kita buat

Program yang dikembangkan mencakup tentang penyelesaian matematika untuk mendukung berbagai topik operasi matematika yang meliputi analisis numerik, aljabar simbolik, kalkulus, persamaan diferensial, aljabar linier, dan grafik untuk melukiskan suatu peristiwa yang ulit teramati atau bersifat abstrak. Hingga kini, software Maple telah banyak digunakan oleh kalangan pelajar, pendidik, matematikawan, statistikawan, ilmuan, dan insinyur.

Wingeom (Window Geometry)

Wingeom (Window Geometry)

Wingeom (Window Geometry) merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (Dynamic Mathematic Software) untuk pelajaran geometri. Wingeom merupakan salah satu spftware gratis yang disebut Peanut Software.

Program ini awalnya menggunanakan bahasa pemprograman PASCAL, tetapi pada versi terakhir telah menggunakan C++. Software ini bersifat open source, artinya dapat digunakan secara gratis dan tampilannya dapat disesuaikan dengan yang diinginkan.

Layar utama Wingeom memuat dua menu utama, yaitu Window dan Help. Menu Window memuat beberapa submenu dalam membantu pembelajaran matematika, yaitu:

  1. 2-dim, membuka program Wingeom untuk geometri dimensi dua.
  2. 3-dim, membuka program Wingeom untuk geometri dimensi tiha.
  3. Hyperbolic, membuka program Wingeom untuk geometri hiperbola.
  4. Sheprical, membuka program Wingeom untuk geometri dimensi bola.
  5. Voronoi, membuka program Wingeom untuk diagram voronai.
  6. Guess, membuka program Wingeom untuk memprediksi macam-macam transformasi yang mungkin dengan menggunakan dua buah segitiga.
  7. Tesselation, membuka program Wingeom untuk menampilkan macam-macam pengubinan dari bangun-bangun geometri dimendi dua.
  8. RGB demo, membuka program Wingeom untuk simulasi pencampuran warna RGB.
  9. Open last, membuka file yang terakhir dibuka saat program dijalankan kembali.
  10. Use default, mengembalikan tampilan ke settingan awal.
  11. Exit, keluar dari program Wngeom.
Sedangkan Menu Help terdiri dari submenu, diantaranya:
  1. Help, berisi tentang keterangan penggunaan program secara umum.
  2. Tips, menampilkan tip-tip dalam menjalankan program Wingeom.
  3. About, berisi tentang informasi identitas dan sumber program Wingeom.

LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer)

lindo-311

Aplikasi komputer yang dapat digunakan dalam belajar program linier adalah software LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer). Software ini dapat menyelesaikan masalah program linier sampai 100 constraints (fungsi kendala). Prinsip kerja utama dari program LINDO adalah memasukkan rumus, menyelesaikannya serta menaksir kebenaran dan kelayakan rumus berdasarkan penyelesaiannya. Rumus yang dimaksud adalah dalam bentuk matematika.

Menu utama pada LINDO yaitu File, Edit, Solve, Report, Window, Help. Pemilihan menu utam pada LINDO dapat dilakukan dengan menekan Alt + F, Alt + E, Alt + S, Alt + R, Alt + W, Alt + H atau sorot dengan mouse lalu tekan klik pasa icon yang disorot tersebut.

Menyelesaikan permasalahan dalam pemprograman linier dengan menggunkaan LINDO diperlukan beberapa tahapan, yaitu:

  1. Menetukan model matematika berdasarkan data real
  2. Menetukan formulasi program untuk LINDO
  3. Membaca hasil report yang dihasilkan oleh LINDO

Secara umum, software LINDO akan menyediakan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam belajar merumusan, menyelesaikan, serta menaksir kebenaran dan kelayakan rumus berdasarkan penyelesaiannya. Dengan demikian, software LINDO mendukung kegiatan penemuan dan dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar program linier.

Adobe Flash CS6

Adobe Flash CS6

Adobe Flash CS6 adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe System yang dirilis oleh perusahaan Amerika Serikat, yaitu Adobe System Incorporated. Dirancang agar mampu mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan multimedia.

Adobe Flash CS6 merupakan penyempurna dari versi sebelumnya (Adobe Flash CS5). Menyediakan sebuah bahasa scripting dalam Flash yang disebut Actionscript. Dengan Actionscript dapat mempermudah pembangunan suatu aplikasi atau sebuah animasi yang memakan banyak frame dan mengontrolnya.

Kinerja Flash dapat juga dikombinasikan dengan program-program lain. Flash dapat diaplikasikan untuk pembuatan animasi kartun, animasi interaktif, efek-efek animasi, banner iklan, website, game, presentasi, dan sebagainya. Fasilitas seperti 3D Effects atau transformations dapat juga digunakan untuk membuat efek-efek animasi 3 dimensi yang menarik.

Adobe Flash CS6 merupakan penyempurna dari jenis Adobe Flash sebelumnya yang merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. dalam pemanfaatan Adobe Flash CS6 dapat digunakan untuk membuat multimedia interaktif. Peserta didik dapat mengakses sendiri informasi tentang materi fungsi komposisi dan invers.

Pemanfaatan Adobe Flash CS6 dalam pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning dapat menghasikan multimedia interaktif yang mampu meningkatkan motivasi, minat, dan pemahaman konsep. Dengan Adobe Flash CS6 peserta didik lebih dituntut aktif dalam mencari dan menemukan sendiri pengetahuan yang ingin mereka ketahui.

Mathematica

mathematica Online

Mathematica merupakan software aplikasi buatan Wolfram Research yang handal dengan fasilitas terintegrasi lengkap untuk menyelesaikan beragam masalah matematika. Dengan Mathematica dapat memudahkan dalam permasalahan matematika, dari masalah yang paling sederhana hingga perhitungan yang paling rumit, dapat diselesaikan dengan mudah, ringkas, cepat, dan tepat. Mathematica memiliki fasilitas fungsi matematika terpasang (buil-in mathematics function) lebih dari 750 buah yang menjadikan program ini dapat dinyatakan dalam satu atau beberapa baris sederhana saja.

Komputasi matematika pada dasarnya dapat diklasifikasikan dalam tiga kelas utama, yaitu komputasi numeric, komputasi simbolik, dan visulisasi grafik. Mthematica menyediakan fasilitas lengkap untuk melaksanakan semua komputasi matematika dalam suatu lingkungan kerja yang terintegrasi. Dalam lingkungan kerja yang demikian maka dapat melaksanakan beragam perhitungan matematika, seperti perhitungan aritmatika, perhitungan aljabar, perhitungan dan pengoperasian simbolik dalam aljabar matriks, aljabar linier, linier programing, metode numerik, teori bilangan, matematika diskrit, kalkulus, statistika, geometri, dan pemodelan matematika.

Mathematica merupakan salah satu software pilihan pendidikan, penelitian, bisnis, dan sebagainya, khususnya untuk melakukan :

  1. Komputasi matematika, baik untuk perhitungan numerik maupun simbolik.
  2. Visualisasi grafik fungsi 2D dan 3D.
  3. Pemprograman, pemodelan matematika, dan simulasi.
  4. Analisis statistic dan visualisasi data dalam bentuk table dan grafik.
Kemampuan dan keunggulan Mathematica diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Mampu melakukan perhitungan aritmatika yang mengandung lebih dari seratus digit.
  2. Mampu menguraikan polynomial ke dalam ratusan ribu suku-sukunya.
  3. Mampu membangkitkan jutaan bilangan prima yang dimulai dari angka 2.
  4. Mampu mencari semua nilai akar-akar nurmerik dari polinomal pangkat 100.
  5. Mampu melakukan pengurutan (sorting) terhadap jutaan elemen data.

Referensi Terkait

ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama