Apakah Blog AMP Lebih SEO? | Kelas Mat Apakah Blog AMP Lebih SEO? | Kelas Mat

Apakah Blog AMP Lebih SEO?

Kenapa AMP lebih disukai google? apa sih kelebihannya jika dibandingkan dengan yang bukan AMP? Agar lebih jelas, mari simak penjelasan singkatnya.

Sebelum kita jawab apakah Blog yang valid AMP lebih SEO dari pada blog yang non AMP, mari kita telusuri terlebih dulu apa sih AMP itu, dan bagaimana pengaruhnya terhadap SERP suatu blog dimata google.

Pengertian Blog AMP

Google sekarang ini sudah memasukkan mobile-friendliness sebagai salah satu faktor atau kriteria dalam menentukan ranking suatu website atau blog. Selain Google memperkenalkan Progressive Web Apps (PWA), Google juga sudah memperkenalkan Accelerated Mobile Pages atau disingkat dengan AMP. Nah pada artikel kali ini, kelasmat akan membahas tentang apa itu AMP, bagaimana cara kerjanya, apa saja keuntungannya, sehingga pertanyaan diatas yakni apakah Blog AMP lebih SEO dibandingkan dengan yang non-AMP dapat terjawab. Untuk itu yuk kita lihat defini AMP terlebih dulu.

AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah sebuah program open-source dari Google yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan akses mobile internet yang lebih cepat serta lebih baik.

Tujuan utama dibuatnya halaman website atau blog versi AMP tersebut adalah untuk memberikan halaman website atau blog yang memang sudah dioptimasi supaya loading website/blognya lebih cepat jika diakses melalui mobile atau hp. Kalau anda perhatikan, Halaman blog ini mempunyai waktu loading yang relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan halaman blog biasa. Kenapa bisa lebih cepat?

Apakah Blog AMP Lebih SEO?

Secara sederhana, blog yang versi amp memakai html dan CSS yang lebih efisien. Kemudian penggunaan JavaScript juga tidak disarankan untuk digunakan di blog AMP. Kita tahu, penggunaan Javascript memberikan dampak yang sangat besar pada kecepatan website atau blog. Jadi Kalaupun Anda terpaksa untuk menggunakan Javascript, Anda harus memanfaatkan library JavaScript yang dapat memberikan berbagai pilihan kode yang dapat dipakai pada halaman blog AMP. yang Artinya tidak semua javascript bisa langsung diterapkan di AMP.

Baca Juga : Animasi Teks Bernafas dengan CSS{alertWarning}

Cara Kerjanya AMP

Cara kerja AMP adalah dengan cara me-render halaman website atau blog Anda dengan menggunakan kode HTML yang sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga diharapkan loadingnya akan lebih cepat karena kode-kode yang bisa memperlambat proses loading sudah dihilangkan seperti penggunaan javascript yang sudah saya utarakan di atas. Jadi Kalau halaman website Anda menggunakan kode-kode JavaScript yang tidak disarankan untuk digunakan, maka script-script tadi tidak akan dirender untuk halaman blog AMP Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar blog AMP Anda bisa berjalan dengan baik, salain dengan menggunakan css yang efisien dan menghindari penggunaan javascript seperti yang sudah saya sebutkan diatas, yang tak kalah penting selanjutnya adalah agar selalu memvalidasinya apakah blog anda benar-benar valid AMP atau masih ada masalah yang harus diperbaiki. Untuk memvalidasinya anda bisa menggunakan tools Pengujian AMP ini.

Pengaruh AMP terhadap SERP

Lalu bagaimana caranya AMP dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page)? Untuk menjawab pertanyaan ini, agak sedikit sulit sebenarnya. Namun, kalau kita perhatikan dari tampilan hasil pencariannya, digoogle misalnya, blog yang valid AMP akan tampil seperti carousel atau slide dihalaman google. terutama untuk artikel-artikel yang jenis atau kategori berita. Karena memang AMP sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan UE (user experience). Baca 6 Faktor Penyebab User Experience (UX) Website Rendah

7 Cara Agar diterima Adsense Tanpa Menunggu Lama
Tak sedikit dari para blogger yang saya tahu dan yang saya kenal, baik melalui blog walking dari blog satu keblog yang lain maupun dengan brtanya secara langsung bahwa salah satu tujuan utama mereka membuat blog atau situs adalah untuk mengembangkan bisnisnya dan juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program google adsense. mengapa google adsense menjadi pusat perhatian para blogger? .
7 Cara Agar diterima Adsense

Jika Anda memakai perangkat mobile atau hp dan melihat ada tanda petir pada halaman hasil pencarian google, itu sebenarnya nandakan bahwa website tersebut sudah dioptimasi pada mobile device atau valid AMP. Dan Jika kita perhatikan dari segi kecepatannya, Pasti website tersbut loadingnya lebih cepat. Jadi dengan adanya AMP, Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih mudah untuk diakses dan dapat dibaca dengan mudah bahkan dengan jaringan yang lelet sekalipun. Itulah istimewanya AMP, website anda akan lebih diutamakan oleh google untuk menempati posisi atas pada halaman hasil pencarian.

Mengapa Blog AMP Lebih SEO di banding yang non-AMP?

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, bahwa tujuan AMP sebenarnya adalah untuk meningkatkan UE. Kita tahu bahwa Google itu sekarang makin pinter. Apa buktinya? Secara konsisten google selalu memperbaiki sistem atau algoritmanya. Dan salah satu faktor penting dalam meningkatkan rangking seuatu website, adalah dengan menentukan batas wajar kecepatan websitenya. Jika website anda lemot, otomatis website anda akan terdepak ke belakang dan tertinggal jauh kebawah.

Isu kecepatan halaman situs atau blog ini memang sudah sangat lama berhembus. Namun baru beberapa bulan ini di konfirmasi oleh google bahwa benar adanya. Namun, Menurutku sih wajah ya kecepatan loading blog jadi salah satu kriteria sebagai penentu posisi dihalaman hasil pencariannya. Karena kalau dipikir-pikir Siapa juga yang mau mengunjungi web yang lambat dan berat? Oleh karena itu, Kecepatan website atau blog ini sudah pasti memiliki pengaruh pada SEO. Untuk itu anda perlu mengoptimalkan kecepatan website atau blog anda agar lebih SEO friendly. Cara yang paling efektif untuk kecepatan blog yang direkomendasikan oleh google adalah dengan menyiapkan versi AMP. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Apakah Blog AMP lebih SEO. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan jalan untuk anda yang sedang mengoptimalkan websitenya atau blognya.

Referensi Terkait

Abdul Rahim

"Berbagi itu bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri".

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama