10 Strategi Menjaring Traffic Bagi Blogger Pemula Menurut Barb Sibbing

shares

Persaingan yang ketat dalam mengejar posisi nomor 1 di hasil pencarian google, membuat beberapa orang melakukan berbagai cara untuk mengejarnya.. Mulai dari pengoptimalan seo, bertukar link dengan cara blogwalking hingga cara-cara lain yang menurut mereka yang sudah menerapkan cukup ampuh. Begitu pula menurut Barb Sibbing. Bahwa setidaknya ada  10 Strategi yang dapat dilakukan untuk menjaring Traffic/pengunjung blog. Cara ini cocok dilakukan atau dikerjakan oleh para blogger terutama Bagi para Blogger Pemula. Namun sebelum kita membahasa apa saja 10 strategi itu, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengenal siapa sih Barb Sibbing. Nama ini mungkin tidak familiar bagi para blogger, namun tulisan beliau mengenai strategi mengejar traffic blog menurut saya pribadi masih cukup masuk akal. oleh karena itu tidak ada salahnya saya membuat tulisan ini mengingat strategi yang beliau buat bisa sangat membantu bagi para blogger pemula seperti saya ini.
10 Strategi Menjaring Traffic Bagi Blogger Pemula Menurut Barb Sibbing

Siapa Barb Sibbing?

Barb Sibbing adalah seorang  wanita Internet Marketer yang telah jatuh cinta dengan sebuah platform wordpress. Sejak tahun 2007 beliau mengembangkan bisnisnya dengan mempelajari cara-cara yang cukup efektif dalam membangun bisnisnya hingga beliau sukses dalam bidang Internet marketing. Setelah perjalanan panjang, menurut beliau setidaknya ada 10 Strategi yang harus dilakukan oleh para blogger pemula untuk dapat sukses di internet. Apa saja 10 strategi itu, berikut ini saya uraikan satu persatu.

10 Strategi Menjaring Traffic Blog bagi Blogger Pemula 

1. Bagikan eBook Viral untuk Blogger Pemula

Strategi Pertama menurut Barb Sibbing adalah membagikan EBook secara gratis kepada para Blogger pemula. Tentu disini Anda dituntut untuk mampu membuat sebuah tulisan yang dibutuhkan oleh para blogger pemula. Biasanya para Blogger akan membutuhkan cara-cara atau tutorial membangun sebuah blog atau situs. Jadi Anda bisa membuat langkah demi langkah dalam membangun sebuah blog atau situs secara lengkap. Jangan Lupa untuk menampilkan Kata Kunci Bisnis atau Nama Brand Anda di setiap halaman, sehingga dengan secara tanpa disadari, mereka akan mengingat nama brand anda. Dan jangan lupa anda memberikan Informasi lengkap mengenai Bisnis/Blog Anda seperti alamat Website, kontak, email dan Alamat anda. Dengan demikian, suatu saat eboook tadi akan tersebar maka traffic yang akan menuju blog Anda juga akan meningkat. Perlu di ingat, Pembuatan Ebook ini harus semenarik mungkin, gunakan bahasa yang sederhana yang mudah dipahami oleh para blogger pemula, dan juga sediakan gambar-gambar atau ilustrasi yang sesuai dengan tema.

2. Self Promotion untuk Blogger Pemula

Strategi yang kedua adalah self Promotion. Ada banyak cara yang anda dapat gunakan untuk memporomsikan Situs atau Brand anda. Salah satu yang sudah lumrah dilakukan oleh para blogger adalah dengan cara Blog Walking. Blog walking ini artinya sesama blogger saling mengunjungi blog nya masing-masing secara bergantian. Biasanya blog walking dilakukan oleh mereka yang sudah tergabung dalam sebuah komunitas misalnya komunitas blogger pemula. Blog walking ini biasanya dilakukan dengan cara saling berkomentar dan meninggalkan link blog atau websitenya dikolom komentar yang telah disediakan. Dengan adanya link tersebut, maka diharapkan teman2 yang lain juga dapat berkunjung ke blog Anda. Namun, yang perlu di perhatikan dalam Blog Walking ini adalah jangan terlalu banyak meninggalkan link aktif, karena kalau terlalu sering bisa-bisa anda akan di anggap Spam atau sampah oleh pihak yang punya blog atau pun oleh situs search engine.

3. Buatlah Konten yang Berkualitas

Strategi yang keempat adalah dengan cara membuat Konten yang berkualitas. Membuat konten atau artikel untuk blog, bukan hanya banyaknya kata yang harus diperhatikan, namun juga kualitasnya. Apakah konten anda memang original ataukah hasil copy Paste. Jika anda menginginkan para pembaca anda berkunjung balik keblog atau website anda, maka kualitas konten menjadi point penting yang harus anda jaga. Jika anda sudah tercap sebagai plagiat, maka akan susah untuk mendapatkan kepercayaan dari para pembaca blog setia anda.

4. Buatlah artikel yang memiliki nilai jual

Strategi yang keempat adalah dengan membuat artikel yang memiliki nilai jual. Mungkin banyak orang menganggap membuat artikel adalah hal yang buang-buang waktu. Karena diluar sana sudah banyak orang yang membuat artikel dengan tema atau topik yang sama. Memang benar, diluar sana banyak orang yang membahas tentang topik yang sama dengan anda, namun tahukah anda tidak semua orang suka dengan artikel yang kita buat entah itu karena gaya bahasanya yang terlalu formal, atau karena faktor-faktor lain. Oleh karena disini anda disarankan dalam membuat artikel, harus memiliki daya jual, misalnya target anda adalah para pemula, maka gunakanlah bahasa yang sederhana namun tetap informatif. Berikan tips-tips atau cara-cara termudah, dengan demikian orang-orang tersebut akan betah berlama-lama diblog atau situs anda. dan tentunya diharapkan dikemudian hari akan kembali menyambangi blog anda.

5. Bangun Jejaring Sosial

Strategi yang ke lima adalah membangun Jejaring Sosial. Banyak Sosial Media yang bisa anda manfaatkan untuk menarik pengunjung agar datang keblog anda. diantara sosial media yang paling sering digunakan adalah Faceboook, twitter, linkedin, youtube, pinteres, Path, instagram dan lain-lain. Agar lebih efektif dalam menjalankan strategi ini, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa mengshare artikel anda secara otomatis begitu anda selesai membuatnya. Silahkan saja anda googling, sangat banyak penyedia jasa gratisan untuk mempromosikan situs anda ke situs jejaring sosial media hanya dengan cara sekali klik. Jadi anda tidak akan kewalahan dalam memanfaatkan jejaring sosial media tersebut.

6. Seo dan Keyword

Sebelum Anda menulis, setidaknya anda harus memperhatikan kata kunci relevan apa yang akan anda targetkan. Idealnya menurut Barb Sibbing, kata kunci atau keyword ini harus mencapai 8% dari konten yang anda buat. Jangan lupa menambahkan tag alt pada setiap gambar yang mewakili conten atau artikel anda. Jadi, ketika anda menuliskan sebuah artikel, anda harus ingat yang akan membaca konten anda bukan hanya manusia saja, melainkan juga robot mesin pencari yang akan membacanya. Oleh karenanya keduanya harus anda perhatikan.

7. BookMarking Sosial

Sediakan Kolom Bookmarking atau subscribe di halaman blog anda, ini bertujuan agar anda bisa mengirimkan postingan terbaru anda kepada para pelanggan anda. Cara ini memungkinkan orang yang pernah berkunjung, akan kembali mengunjungi blog anda.

8. Berbagi Dokumen

yang tak kalah pentingnya adalah dengan berbagi dokumen. dokumen ini bisa dokumen apa saja, misalnya hasil tulisan anda diblog anda kemudian anda convert ke pdf, lalu anda membaginya di situs berbagi dokumen seperti scribd, google drive dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa untuk menuliskan alamat url blog anda disetiap dokumen yang anda sebar tadi.

9. Video Marketing

jangan lupa juga untuk membuat beberapa video untuk melengkapi konten yang anda buat. misalnya anda membuat konten tentang tutorial membuat blog dengan blogspot. maka buatlah versi videonya juga untuk mempermudah para pemula supaya lebih mudah untuk memahaminya. Anda bisa memanfaatkan youtube untuk menyimpan video-video anda.

10. Siapkan Feed RSS Blog

Menyiapkan feed RSS untuk situs web / blog Anda sangat cepat dan mudah untuk menghasilkan lalu lintas GRATIS ke situs web / blog Anda. karena dengan cara ini, orang-orang akan dengan mudah mengunjungi blog kita tanpa harus mengingat nama blognya. Mereka hanya butuh mengklik link yang tersedia didalam rss feed tersebut.

Itulah 10 Strategi yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan Pengunjung/traffic Blog menurut Barb Sibbing. Semoga dapat bermanfaat terutama untuk para pemain blogger pemula seperti saya ini. Kebetulan saya sendiri juga belum bisa melaksanakan 10 strategi tersebut, jadi mohon jangan dibully jika blog ini masih sepi pengunjungnya. hehehe

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam