Download LKPD Matematika Koordinat Kartesius Kelas 8 Semester 1

Matematika merupakan ilmu dasar yang banyak digunakan dalam kehidupan, salah satunya menentukan letak suatu benda. Matematika mempunyai cara praktis dalam menentukan letak suatu benda, yaitu dengan mengunakan sistem kordinat karetsius. Istilah kartesius digunakan untuk mengenal ahli matematika dari prancis yang bernama Rene Descrates yang juga dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literature berbahasa latin (Cartesius adalah latinasi untuk Descartes). Karena beliau memiliki peran besar dalam mengabungkan aljabar dan geometri.

BIDANG KOORDINAT KARTESIUS

Download LKPD Matematika Koordinat Kartesius Kelas 8 Semester 1

Sistem kordinat karetesius dibentuk oleh dua garis yang berpotongan tegak lurus, yaitu garis mendatar (Horizontal) dan garis tegak (Vertikal). Garis mendatar disebut sumbu x, dan garis tegak disebut sumbu y. Titik potong sumbu x dan sumbu y disebut titik asal yang dinyatakan sebagai titik nol. Pada sumbu x dan sumbu y terletak titik-titik berjarak sama

Pada sumbu x, dari titik nol ke kanan dan seterusnya merupakan bilangan positif, sedangkan dari titik nol kekiri dan seterusnya merupakan bilangan negatif


Baca Juga : Soal Ulangan Harian Pola Bilangan Kelas 8{alertWarning}

Pada sumbu y, dari titik nol keatas dan seterusnya merupakan bilangan positif dan dari titik nol kebawah dan seterusnya merupakan bilangan negatif.

Setiap titik pada bidang kartesius dihubungkan pada jarak tertentu ke sumbu x yang disebut absis, sedangkan jarak tertentu kesumbu y disebut ordinat. Absis dan ordinat mewakili pasangan bilangan (pasangan berurut) yang disebut titik kordinat. Titik-titik pada bidang kordinat dapat ditentukan dengan pasangan bilangan real x dan y, dan ditulis (x, y).

Apa itu Social Engineering dan Cara Menghadapinya
Social Engineering adalah Sebuah Teknik untuk Memanipulasi dan Mengarahkan Perilaku Seseorang atau Sekelompok Orang dengan Menggunakan Kekuatan Hipnotik Bahasa, Rasa Rikuh atau ragu serta Preferensi Pribadi Seseorang Terhadap Suatu Isu.
Social Engineering dan Cara Menghadapinya

Garis yang tegak lurus pada bidang kartesius membagi bidang kordinat kartesius menjadi 4 bagian yang dinamakan kuadran, yaitu kuadran I, kuadran I, kuadran II dan kuadran IV. Perhatikan gambar dibawah ini.

LKPD Koordinat Kartesius

Pada kuadran I, nilai x dan nilai y positif. Kuadran I, nilai x negatif dan nilai y positif. Kuadran II, nilai x negatif dan nilai y negatif, sedangkan pada kuadran IV, nilai x positif dan nilai y negatif.

Agar lebih mudah dalam memahaminya perhatikan tabel dibawah ini.

Contoh kuadran

Menentukan Posisi Titik Pada Bidang Koordinat Kartesius

Misalkan diberikan titik A(4, 5), B(-3, 2) dan C(4, -1).

Untuk titik A(4, 5) maka absisnya adalah 4, dan ordinatnya adalah 5. Lalu bagaimana menentukan titi A(4, 5) dalam bidang kordinat kartesius? Untuk menentukan titik A(4, 5) dalam bidang kordinat kartesius, mulailah dari titik asal, bergerak 4 satuan kekanan sepanjang sumbu x, kemudian dilanjutkan bergerak 5 satuan keatas, dan itulah letak titik A. Titik A terletak di kuadran I.

Untuk titik B(-3, 2) absisnya adalah -3 dan ordinatnya adalah 2. Untuk menentukan titik B(-3, 2) dalam bidang kordinat kartesius, mulailah dari titik asal, karena absisnya bernilai negatif maka bergerak 3 satuan kekiri sepanjang sumbu x, kemudian dilanjutkan bergerak 2 satuan keatas, dan itulah letak titik B. Titik B terletak di kuadran I.

Untuk titik C(4, -1) absisnya adalah 4 dan ordinatnya adalah -1. Untuk menentukan titik C(4, -1) dalam bidang kordinat kartesius, mulailah dari titik asal, bergerak 4 satuan kekanan sepanjang sumbu x, kemudian karena ordinatnya bernilai negatif maka dilanjutkan bergerak 1 satuan bawah, dan itulah letak titik C. Titik C terletak di kuadran IV.

Jika digambarkan pada bidang kordinat kartesius, maka titik A(4, 5), B(-3, 2) dan C(4, -1) tersebut terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Latihan Kuadran
keterangan Koordinat kartesius

Memahami Posisi Titik Terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b)

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana kordinat titik terhadap titik tertentu (a, b). Untuk lebih jelasnya silahkan download LKPD Koordinat Kartesius ini.

Cuplikan/ScreenShot LKPD Koordinat Kartesius

Download LKPD Matematika Koordinat Kartesius Kelas 8 Semester 1

Dalam kegiatan LKPD ini, siswa nantinya diminta untuk Menentukan Posisi Objek dalam Bentuk Pasangan Berurutan dan seterusnya

denah koordinat kartesius

Download LKPD Matematika Koordinat Kartesius Kelas 8

Silahkan gunakan tombol download dibawah ini untuk mengunduhnya. Jika Link download belum aktif (Download Locked), berarti Anda harus mengklik satu-persatu link yang ada di bawah ini, sampai status link downloadnya terbuka (Download Unlock).

Sub To Unlock

ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama