Sebenarnya ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan dalam membangun rasa percaya diri. Namun, dalam kesempatan ini hanya ada 5 hal yang kita bahas yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna membangun rasa percaya diri dan sebagai motivasi diri dari dalam. Kelima hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hindari Mencari-cari Alasan

begitu banyak orang megurungkan niat mereka dengan mengajukan alasan yang tidak masuk akal dan sama sekali salah. seperti alasan-alasan berikut:

Saya tidak bisa
saya tidak mampu sebab....
pendidikan saya belum memadai
wah sulit rasanya kalau saya yang mengerjakan
saya sudah terlalu tua
saya masih terlalu muda
sayakan laki-laki masa harus mengerjakan itu?

Cara ampuh yang biasa dilakukan seseorang untuk lari dari tugas adalah dengan berlindung di balik seribu alasan seperti alasan-alasan di atas. Alasan memang merupakan cara termudah yang dapat ditempuh seseorang yang mentalnya diliputi rasa minder atau kurang percaya diri.

Untuk itu, dalam membangun rasa percaya diri, jangan sekali-kali mencari alasan, meskipun memang hal itu dapat menenangkan hati, tetapi alasan-alasan hanya akan menghambat kita dari pencapaian harapan.

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Mungkin kalau alasan itu logis, akan mudah dimengerti. Contohnya jika tukang tahu disuruh memperbaiki mobil yang memang bukan bidang dan keahliannya, itu bisa dimaafkan. Akan tetapi lain ceritanya jika seorang murid yang menghindar dari mengerjakan tugas sekolah yang dianggapnya sulit. Bagaimanapun tugasnya siswa adalah belajar. Masalah benar atau salah dalam mengerjakan tugas tersebut adalah hal biasa. Karena ia sedang belajar.

Dalam hal ini yang terpenting dari seorang siswa adalah terus belajar dan berusahalah terlebih dahulu untuk mengerjakan sesuatu yang menjadi tugasnya.

8 Cara Mengenali Karakter Anak
Karakter yang baik pastinya menjadi dambaan semua orang, baik itu orang tua, guru hingga sesama siswa dalam sekolah. Sebab Karakter yang baik ini akan membuatnya memiliki hubungan sosial yang baik pula dengan masyarakat.
8 Cara Mengenali Karakter Anak

2. Gunakan Daya Imajinasimu

Imajinasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kesuksesan seseorang. Imajinasi berhubungan erat dengan otak. Kapasitasnya yang tak terbatas, dapat membantu seseorang dengan tanpa batasan mencapai ambisi hidup. Kita ambil sebuah contoh, ada seseorang yang dari kecil sudah memiliki mimpi untuk menjadi seorang desainer terkenal. Hal ini karena ia terinspirasi oleh karya desainer hebat yang ia kenalnya.

Kemudian timbullah obsesi ingin menjadi desainer. Sehingga hal ini membuat nya menjadi semangat dalam mencari referensi tentang desain-desain hasil karya para desainer diseluruh dunia. Karena ia merasa terdorong oleh khayalannya bahwa menjadi desainer itu menyenangkan.

3. Jangan Takut Gagal

Seberapa seringkah kamu merasa takut mengalami kegagalan ketika kamu akan mencoba melakukan sesuatu? Padahal kamu juga tidak tahu, sesuatu itu bisa saja berhasil? karena memang setiap hal yang kita lakukan memiliki peluang kegagalan begitu juga sebaliknya.

Takut akan Kegagalan telah menghalangi begitu banyak orang sehingga kadangkala membuat mereka mundur sebelum mencobanya. Setiap hari mereka hanya memikirkan kegagalannya saja tanpa melihat peluang berhasilnya.

Jika penyakit takut gagal ini terus bersemayam, hal yang sekiranya akan berakibat baikpun akan dianggap sebuah halangan yang membuat seseorang terjatuh kedalam jurang kegagalan. Padahal bukankan kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda? Orang yang ingin berhasil tentu harus berani menerima kegagalan.

Apa jadinya jika Thomas Alva Edison menyerah pada kegagalan. Bukankan Thomas Alva Edison sudah ratusan atau bahkan ribuan kali gagal? Semangat pantang menyerah inilah yang merupakan kunci utama untuk meraih kesuksesan.
Jadi poinnya adalah jangan pernah merasa takut gagal dalam membangun rasa percaya diri.

4. Penampilan Membentuk Kepercayaan Diri

Penampilan yang prima dan yang enak dilihat akan sangat berpengaruh pada peningkatan rasa percaya diri. Misalnya, ketika kamu berpenampilan menarik dan rapi, lalu ada seseorang yang memujimu, maka pujian tersebut akan menjadi motivasi untuk lebih percaya diri.

Penampilan Membentuk Kepercayaan Diri

Sikap menjaga penampilan merupakan modal lain dari meraih kesuksesan. Memang kadang kita tidak boleh memkamung seseorang hanya dari segi penampilannya saja, namun disisi lain penampilan adalah cerminan watak dan karakter serta cara berpikir seseorang. Penampilan ini tentu saja ditunjang dengan cara bersikap. Dengan penampilan pula kita akan tahu bagaiaman tanggapan dan pikiran orang lain terhadap kita.

Apa itu Social Engineering dan Cara Menghadapinya
Social Engineering adalah Sebuah Teknik untuk Memanipulasi dan Mengarahkan Perilaku Seseorang atau Sekelompok Orang dengan Menggunakan Kekuatan Hipnotik Bahasa, Rasa Rikuh atau ragu serta Preferensi Pribadi Seseorang Terhadap Suatu Isu.
Social Engineering dan Cara Menghadapinya

5. Susunlah Catatan Mengenai Sukses yang Pernah dicapai

Akan lebih baik lagi jika memiliki buku harian atau agenda yang berisi kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan. Hal ini bisa menjadi dokumentasi yang bisa dibuka kapan saja. Dengan adanya catatan ini, kita akan lebih tahu perkembangan diri kita. Kita akan mengetahui saat kapan percaya diri kita naik atau turun. Dengan begitu kita tahu kapan harus memacu diri agar bisa lebih berprestasi lagi.

Agar lebih dekat lagi dengan kesuksesan, orang-orang sukses biasanya membuat daftar rinci yang harus dilakukan kemudian meninjaunya setiap hari. Daftar tersebut juga biasa diisinya dengan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Karena Apapun yang ingin kamu capai, pastinya ada hal-hal yang harus dikerjakan terlebih dulu untuk mencapainya.

Rekomendasi Untuk Kamu: