LKPD Pola Bilangan Kelas 8 Semester Ganjil

Menjalani proses pembelajaran dimasa pandemi seperti sekarang ini memang sulit dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Untuk itu, disini saya berniat membagikan sebuah bahan ajar sederhana berupa lkpd untuk materi mengenal bilangan bulat dan sifat-sifatnya.

Sebelum saya membagikan link bahan ajar Pola Bilangan untuk kelas 8 semester ganjil ini, saya ingin mengingatkan kembali mengenai bentuk-bentuk bahan ajar matematika.

4 Bentuk Bahan Ajar Matematika

1. Bahan Ajar Cetak/Printout

Ada banyak sekali bentuk bahan ajar cetak yang bisa anda gunakan untuk membantu murid dalam belajar. Bahan ajar tersebut diantaranya adalah :

Buku Teks

Buku teks khususnya buku pelajaran pada umumnya merupakan tulisan yang menyajikan ilmu pengetahuan secara lengkap dan merupakan buah pikiran dari sang pengarangnya yang biasanya disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku.

Modul

Modul adalah sebuah buku yang ditulis oleh seorang guru dengan tujuan supaya peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tidak didampingi gurunya.

LKPD

Lembar kegiatan Peserta didik atau student work sheet adalah lembaran-lembaran yang berisi berisi beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam periode waktu tertentu. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.

Handout

Handout merupakan bahan pembelajaran berupa ringkasan yang bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik.

Leaflet

Leaflet adalah bahan cetak berupa lembaran yang dilipat tapi tidak dimatikan/dijilid, sehingga akan memudahkan dalam mengambil atau mengeluarkan atau memasukkan beberapa lembar pada lipatan tadi.

Brosur

Brosur adalah bahan informasi yang berupa selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat namun lengkap. Brosur biasanya digunakan oleh para sales marketing dalam menjual barang dagangannya.

Wallchart

Wallchart merupakan bahan cetak yang biasanya berupa bagan siklus/diagram proses atau grafik yang menunjukkan posisi tertentu.

Maket/Model

Model (maket) merupakan bahan ajar yang berupa tiruan benda/bangun nyata untuk membantu mengatasi kesulitan belajar para siswa, dengan menghadirkan benda yang mirip dengan aslinya, maka peserta didik akan langsung dapat memahaminya sehingga pembelajaran pun menjadi lebih bermakna

2. Bahan Ajar Audio

Bahan ajar audio merupakan salah satu bahan ajar noncetak yang didalamnya mengandung suatu sistem yang menggunakan sinyal audio secara langsung, yang dapat dimainkan atau diperdengarkan oleh pendidik kepada peserta didiknya guna membantu mereka menguasai kompetensi tertentu. Jenis-jenis bahan ajar audio ini antara lain adalah radio, kaset MP3, MP4, sounds recorder dan handphone.

3. Bahan ajar pandang dengar (Audiovisual)

Bahan ajar pandang dengar adalah bahan ajar yang menggabungkan dua materi, yaitu visual dan audio. Materi audio bertujuan untuk merangsang indra pendengaran sedangkan materi visual berguna untuk merangsang indra penglihatan. Dengan mengkombinasikan keduanya, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan berkualitas.

4. Bahan Ajar Interaktif/Interactive Teaching Material

Bahan ajar interaktif merupakan bahan ajar yang menggabungkan beberapa media pembelajaran mulai dari audio, video, teks dan juga grafik. Dengan demikian, bahan ajar tersebut bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perlakuan. Dengan bahan ajar interaktif, akan lebih memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara bahan ajar dan peserta didik, sehinnga peserta didik akan terpancing untuk lebih aktif.

Bahan Ajar LKPD Pola Bilangan

LKPD pola bilangan
Namun, untuk saat ini, saya baru bisa menyiapkan sebuah LKPD saja. terutama lkpd pada materi pola bilangan kelas 8 smp. Mudah-mudahan nantinya (jika ada kesempatan) saya juga akan membuat beberapa dari jenis-jenis bahan ajar tersebut di atas.

Download LKPD Matematika Kelas 8 bab Pola Bilangan

Untuk LKPD Pola Bilangan Kelas 8 Semester Ganjil, Silahkan anda klik satu-persatu link SUB to Unlock di bawah ini agar link download terbuka.

Sub To Unlock

ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Lebih baru Lebih lama