Tips Sukses Mengerjakan Soal Tes TPA Masuk Perguruan Tinggi [100% Ampuh] - Kelas Mat – Be Smart Ya kelas Mat

Tips Sukses Mengerjakan Soal Tes TPA Masuk Perguruan Tinggi [100% Ampuh]

DAFTAR ISI : Tips Sukses Mengerjakan Soal Tes TPA Masuk Perguruan Tinggi [100% Ampuh] [ ]
Tes TPA atau Tes Kemampuan Akademis, digunakan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan akademis seseorang. Perlu kamu ketahui, TPA ini di lakukan bukan hanya untuk seleksi CPNS saja, melainkan juga sebagai salah satu syarat untuk masuk perguruan tinggi, terutama ketika kamu ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Bedanya adalah kalau TPA pada CPNS, jawaban yang salah tidak mengurangi nilai, sedangkan TPA pada seleksi masuk perguruan tinggi jawaban salah di beri skor -1 atau mengurangi nilai sebanyak satu untuk setiap jawaban salah. Dan kalau tidak hati-hati malah nilai kamu bisa jadi minus alias dibawah 0 akibat terlalu banyak jawaban yang salah.

Karena sulitnya soal TPA ini, maka perlu kiranya saya melalui kelasmat ini membantu temen-temen yang akan menjalani tes TPA di tahun ini. Jadi, jika kamu adalah calon mahasiswa, maka artikel ini sangat cocok buat kamu baca. So, silahkan simak sampai habis ya..

Tips Sukses Mengerjakan Soal Tes TPA Secara umum jenis-jenis soal dalam tes TPA meliputi:
  1. Tes Verbal.
    Meliputi tes kemampuan kosa-kata, tes padanan kata (Sinonim), lawan kata (antonim), kelompok kata (group), dan persamaan hubungan kata (analogi)
  2. Tes Kemampuan Kuantitatif.
    Meliputi tes kecerdasan, tes seri angka dan huruf, tes kemampuan numerik serta tes aritmatika
  3. Tes Logika.
    Meliputi tes penalaran logis dan penalaran analitis
  4. Tes Gambar,
    Meliputi tes klasifikasi gambar, tes hubungan dan konsistensi logis, tes pandang ruang, tes visualisasi, tes bentuk geometris, dan tes kubus
Walaupun dalam prakteknya ada beberapa TPA yang isinya sedikit berbeda dari biasanya, namun TPA pada dasarnya selalu mencakup hal‐hal tersebut.

Tips Sukses Mengerjakan Soal Tes TPA

Kerjakan Soal yang lebih mudah terlebih dahulu

Jika kamu sudah mentok mengerjakan satu soal yang kamu anggap sulit, segera beralih kesoal lainnya. Kerjakan soal berikutnya, karena biasanya soal berikutnya tidak akan terlalu sulit atau paling tidak tingkat kesulitannya lebih rendah. Atau jika perlu jangan langsung mengerjakan soal pertama, pilihlah bagian soal yang kamu rasa paling mudah. Namun, usahakan tidak berpikir terlalu lama pada satu soal karena kamu akan kehabisan waktu. Dengan tes ini sebenarnya kamu sedang diuji seberapa mampukah kamu mengambil peluang, soal mana yang kamu anggap mudah dan pasti dikerjakan dulu, selebihnya untuk waktu yang tersisa kamu bisa gunakan untuk mengerjakan soal yang belum terjawab.

Percaya Diri itu Penting

Seperti pada saat kamu mau nembak cewek..kalau kamu tidak percaya diri, pasti akan susah mengungkapkan isi hati kamu ke calon pacar kamu. Masalah di terima atau di tolak, itu masalah belakangan..
Begitu juga dengan mengerjakan soal TPA. Percaya diri itu penting.

Fokus/ Konsentrasi Penuh

Bayangkan kamu saat ini adalah seorang sniper. Apa kira-kira yang harus dilakukan seorang sniper agar tembakannya tidak meleset alias tepat sasaran?
Ilmu seorang sniper juga perlu kamu tiru disini yaitu fokus dan konsentrasi penuh. Sebisa mungkin kamu harus bisa menjauhkan fikiran-fikiran yang tidak ada hubungannya dengan soal yang sedang kamu hadapi.

Sering-sering Berlatih

Sering-seringlah berlatih mengolah angka dan kosa-kata terutama kosa-kata yang baku yang sesuai dengan EYD. Ini akan sangat membantu ketika kamu menghadapi soal-soal tes kemampuan kata Verbal, seperti sinonim, antonim dan analogi. Caranya kamu harus sering-sering membaca kamus besar bahasa indonesia. Atau paling tidak, bacalah koran. Karena biasanya bahasa yang dipakai di dalam koran adalah bahasa baku. Dengan begitu, lama-lama kamu akan terbiasa dengan kosa-kata yang baku yang sesuai dengan EYD.

Latih Cara berhitung Cepat

Dalam soal tes TPA, hampir sebagiannya adalah soal-soal matematika. Dan biasanya materi matematika yang keluar adalah operasi aljabar sederhana, perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, perbandingan, statistika, peluang dan lain-lain. Dengan waktu yang terbatas, maka kemampuan kalian dalam berhitung cepat sangat membantu dalam mengerjakannya. Pengalaman-pengalaman dari temen-temen yang gagal dalam tes TPA ini, mereka sebenarnya bisa mengerjakan soalnya namun karena keterbatasan waktu, akhirnya banyak soal yang mereka tembak jinggo alian asal jawab saja tanpa mengerjakannya terlebih dahulu.

Perisapan terbaik menghadapai tes TPA adalah BERLATIH

Seberapa pandainya dan seberapa cepatnya kamu berhitung, kalau tidak kamu latih untuk menjawab soal-soal tes jenis TPA, hampir dapat dipastikan kamu akan gagal. Karena soal-soal Tes TPA ini adalah soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan lebih dibanding soal tes biasa disekolah.
Jadi, kuncinya adalah Baca dan kerjakanlah soal-soal tes TPA tahun-tahun sebelumnya. kemudian Analisis soal mana yang sering keluar dengan membandingkan soal dari tahun ketahun.
Lebih baru Lebih lama