Menyelesaikan Soal Matematika Persegi yang Tumpang Tindih

Hey sobat kelasmat, kita jumpa lagi ya.. Semoga sobat dalam keadaan sehat selalu. Dalam postingan ini, kelasmat ada sebuah tips bagaimana cara menyelesaikan Soal matematika pada persegi yang tumpang tindih. Soal bangun datar yang seperti ini sering kali muncul dalam sesi ujian baik ujian sekolah, maupun nasional.

Soal Persegi yang tumpang Tindih

Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat lihat deh gambarnya dibawah ini.

Soal Matematika Persegi yang Tumpang Tindih
Jika diketahui luas daerah yang berwarna biru adalah 48cm2, maka berapakah luas daerah yang berwarna kunig?

Sobat mungkin sudah ada yang bisa menebaknya berapa luas daerah yang berwarna kuning, Jika sudah bisa mengetahui jawabannya, silahkan lewati tips penyelesaiannya dan langsung ke soal tantangan berikutnya. Namun, bagi yang masih bingung mencari luas daerah yang kuning pada gambar diatas, silahkan baca langkah penyelesaiannya.

Solusi / Penyelesaian Soal Persegi yang Tumpang Tindih

Silahkan Buka spoiler jika ingin melihat jawabannya.
Untuk dapat menyelesaikan soal di atas, kamu bisa memotong-motong bangun datar tersebut seperti pada gambar di bawah ini.
Soal kelas Matematika Persegi yang Tumpang Tindih
Dapat kita ketahui bahwa daerah yang warna biru luasnya 48. Karena kita bagi menjadi tiga bagian, sehingga tiap bagian yang berwarna biru besarnya adalah 16. Karena setiap persegi diatas baik yang biru maupun yang kuning adalah kongruen, maka tiap-tiap potongan di atas memiliki besaran luas yang sama yakni 16. Lihat gambar.
Soal kelas Matematika Persegi yang Tumpang Tindih
Dengan demikian Luas daerah yang kuning bisa kita hitung yaitu : 16 + 16 + 16 + 16 = 64 atau sama saja dengan 4 x 16 = 64.

Soal Tantangan Kelasmat

Jika kamu sudah faham bagaimana cara menyelesaikan soal persegi yang tumpang tindih, silahkan asah kemampuanmu untuk menyelesaikan soal berikut ini. Bedanya pada soal dibawah ini, kami tambahkan lagi sebuah persegi lain yang berwarna ungu seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Soal kelas Matematika Persegi yang Tumpang Tindih
Berapakah Luas daerah yang berwarna kuning sekarang? Tuliskan jawabanmu pada kolom komentar di bawah ini ya...
ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama