Tips Agar Aman dari Virus Corona atau Covid 19 - Kelas Mat – Be Smart Ya kelas Mat

Tips Agar Aman dari Virus Corona atau Covid 19

Konten [Tampil]
Sebagai seorang Guru,  secara tidak langsung memiliki peran penting dalam membantu para siswanya untuk memahami penyakit COVID-19 dan mengatasi kecemasan mereka. Karena itu, guru harus aktif mencari informasi yang benar dan bantu siswa agar tidak terperangkap hoax atau informasi yang salah. Guru harus mencontohkan perilaku-perilaku yang melindungi diri dan orang lain.  Adapun perilaku-perilaku yang dapat membuat agar kita terhindar dan aman dari virus Corona atau Covid 19 adalah antara lain:
  • hal terpenting yang kita perlu lakukan adalah cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik
  • Cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah, sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet
  • Gunakan cairan pembersih tangan (minimal 60% alkohol) bila sabun dan air mengalir tidak tersedia. Sekolah perlu menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan yang memadai.
  • Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin atau gunakan tisu, yang langsung dibuang ke tempat sampah yang tertutup setelah digunakan (sekolah perlu menyediakan tempat sampah). Ingatkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan
  •  Jaga jarak paling sedikit 1 meter dengan orang. Jangan berada dekat orang yang tidak sehat
  •  Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung mata dapat menjadi pintu masuk virus
  •  Hindari bersalaman. Sebagai gantinya, lambaikan tangan, atau modifikasi salam lainnya, misalnya salam siku atau beri senyum
  • tidak semua informasi dari media sosial itu benar, karena itu jangan langsung dipercaya. Usahakan selalu lakukan cross check atau konfirmasi kepada pihak terkait untuk memastikan informasi itu benar atau tidak.

Selain perilaku-perilaku tersebut di atas kita terapkan, tips berikutnya yang tak kalah penting agar kita aman dari Virus Corona atau Covid 19 adalah Tingkatkan Kekebalan Tubuh atau Sistem Imun atau anti Body dengan cara:
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Anti Body
  1. Cukup Tidur/Istirahat
  2. Olah raga atau terpapar sinar matahari, karena virus ini tidak tahan dengan kondisi yang panas dan kering
  3. Perbanyak makanan bergizi dan makan buah-buahan dan sayuran terutama Buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung Vitamin A, E dan C.
Mengapa harus yang banyak mengandung Vitamin A, E dan C? Karena ketiga vitamin tersebut sangat berberan penting dalam pembentukan Anti Body.
Tips Agar Aman dari Virus Corona atau Covid 19
Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa tuhan kita Allah SWT telah menciptakan makhluknya dengan begitu sempurna, salah satunya adalah dengan dibekalinya kita dengan Anti Body. Dimana setiap kali ada kuman, bakteri atau bahkan virus yang masuk  kedalam tubuh kita, maka secara alami tubuh kita akan berusaha mengenali si kuman, bakteri ataupun virus tadi. Jika virus itu baru pertama kali masuk kedalam tubuh kita, biasanya tubuh kita memerlukan waktu sekitar 7 hari untuk mengenalinya. Dalam proses perkenalan ini, biasanya tubuh kita akan mengalami sedikit gangguan seperti bersin-bersin, batuk, atau bahkan demam. Namun, jika tubuh kita kuat, maka setelah 7 hari, maka tubuh kita akan mengeluarkan anti body yang spesifik sesuai dengan virus yang masuk tadi. Jadi Misalnya yang masuk ketubuh kita adalah Virus A, maka tubuh kita akan mengeluarkan Anti body A. begitu pula jika Virus B yang masuk, maka tubuh kita juga akan mengeluarkan Anti Body B. Konsep ini lah yang biasa digunakan dalam pemberian Vaksin. Hanya saja bedanya dengan vaksin adalah kalau vaksin ini adalah virus yang sudah dilemahkan agar tubuh kita memiliki memori atau ingatan tentang virus yang di masukkan tadi. Jadi kalaulah sewaktu-waktu kita terkena virus yang sudah dikenali oleh tubuh kita, maka tidak perlu lagi menunggu 7 hari untuk mengeluarkan anti bodi nya, cukup 24 jam tubuh kita sudah mampu melawan virus tersebut. Jadi intinya Kalau Anti Body kita kuat, maka virus corona atau covid 19 ini tidak akan bertahan lama di dalam tubuh kita. virus corona ini akan mampu bertahan didalam tubuh kita hanya 7 sampai 14 hari saja, dan di hari ke 15 nya virus covid 19 tersebut akan hancur.
Dengan penjelasan di atas, semoga kita lebih memahami tentang virus corona dan semoga kita semua dapat terhindar dari wabah virus corona atau covid 19 ini. Amiin.

Post a Comment

Previous Post Next Post