Kerajinan Tangan dari Kayu

shares

Kelas Math - Indonesia memiliki hutan tropis yang banyak menyimpan kekayaan alam kayu terbesar di dunia. Kayu-kayu yang dihasilkan pun sangat banyak macamnya. Di antaranya ada kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, kayu sawo, kayu nangka, kayu kelapa, kayu akasia, kayu meranti, kayu kunak, kayu mahang, kayu leban dan masih banyak lagi yang lainnya. Produk kerajinan yang dihasilkan dari kayu ini juga bervariasi, mengikuti teknik pembuatan dan tekstur kayunya serta keahlian dari masing-masing pengrajinnya.

Kerajinan Tangan dari Kayu patut kita syukuri

Kerajinan ukir dari beberapa daerah di Indonesia sudah dikenal di mancanegara sejak zaman dahulu. Setiap daerah memiliki motif atau corak ukir yang berbeda. Setiap motif mempunyai nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh perlambangan dan juga nasihat. Beberapa daerah yang dikenal ukiran atau pahatannya adalah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Toraja, Palembang, Kalimantan, dan masih ada daerah lainnya. Kita perlu mengenal dan melestarikan motif ukir Nusantara. Kekayaan kreasi bangsa Indonesia perlu kita syukuri sebagai kekayaan budaya yang tak dapat hilang oleh waktu.

Kayu-kayu yang tergolong keras dapat dibuat karya kerajinan dengan teknik ukir atau pahat. Selain itu juga dapat dibuat dengan teknik bubut, scrol, tempel atau sambung, baik dengan konstruksi, perekat maupun dengan paku. Proses mengukir dan memahat diawali dengan membuat sketsa di atas kayu, lalu kayu dipahat atau diukir dengan menggunakan alat pahat dan pemukul.

1) Bahan Kayu dan Alat Pahat


2) Contoh Aneka Produk Kerajinan dari Kayu yang bernilai ekonomi


Indonesia memiliki kekayaan budaya, begitu juga ragam hias Nusantaranya. Setiap daerah mempunyai ragam hias yang berbeda dan memiliki Ciri khas yang unik berbeda satu dengan lainnya. Ragam hias Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang belum dapat disaingi oleh bangsa lain di dunia.

Related Posts

Buka Komentar Blog

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam