Cara Membuat Kop Amplop Surat Resmi - Kelas Mat – Be Smart Ya kelas Mat

Cara Membuat Kop Amplop Surat Resmi

DAFTAR ISI : Cara Membuat Kop Amplop Surat Resmi [ ]
Kop surat pada amplop surat memang tidak begitu penting bagi surat pribadi atau perorangan, namun lain halnya dengan intsansi atau lembaga-lembaga pemerintahan atau non keperintahan, kop amplop surat bisa dibilang sebagai sesuatu yang penting dan sebagai cerminan keprofesionalan lembaga tersebut. Semakin cantik dan berkualitas amplop suratnya, maka biasanya semakin berwibawa lembaga tersebut di tengah-tengah masyarakat.

Nah, pada tulisan saya kali ini, saya ingin mencoba membuat sebuah kop surat sederhana untuk amplop menggunakan microsoft office word.

Langkah pertama yang saya siapkan adalah amplop yang akan saya kasih kop surat. Misalnya amlpop itu berukuran 11 x 26 cm. Maka saya harus membuat dokumen di office word dengan ukuran yang sama dengan amplop tersebut.
  1. Buka Microsoft office word, kemudian pada menu page layout, pilih size kemudian pilih yang costum. dan masukan nilai 26 cm pada width dan 11 cm pada higth. kemudian klik ok.
  2. Klik insert pada menubar dan pilih table. Buatlah dua kolom tabel. Kemudian klik desaign, dan atur tabel sehingga garis tepi kiri-kanan dan atas hilang, yang ada garisnya bagian bawahnya saja. Kemudian atur jenis ketebalan garis bawah tersebut. Tujuannya adalah agar lebih mudah menempatkan gambar/logo dan juga mudah memberikan garis bawah.
  3. Kliklah bagian kolom tabel yang sebelah kiri, masukkan gambar/logo dengan mengklik insert images pada menu bar. Aturlah lebar dan tinggi logo tersebut sehingga benar-benar pas. tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  4. Sedangkan kolom table yang sebelah kanan, isilah dengan nam instansi atau nama lembaga. beserta atributnya seperti alamat kantor, email dan sebagainya.
  5. Kemudian masih pada menu insert, pilihlah text box. kemudian tempatkan dibawah tabel diatas. Sesuaikan posisinya sehingga agak berada disebelah kanan amplop.
  6. Tulislah kata "kepada" dan "Yth" pada text box tadi. sedangkan dibawah nya tinggal isi aja dengan titik-titik. Agar lebih jelasnya perhatikan hasil kop surat yang berhasil saya buat di bawah ini.



Semoga cara membuat kop amplop surat resmi ini bisa membantu bagi para karyawan terutama bagi yang masih belum familiar dengan komputer.  
Previous Post Next Post