4 (Empat) Faktor yang Menyebabkan Penyakit

shares

Faktor Penyebab Sakit
Allah dan Rosul melalui ayat-ayat dan hadistnya memberikan perhatian khusus pada kesehatan manusia. Bahkan Rosululloh menganggap sakit sebagai suatu kenikmatan setelah keselamatan yang juga harus disyukuri.

Sehat adalah suatu kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya. Atau dengan kata lain sehat merupakan suatu kondisi dimana terjadi suatu keseimbangan dalam diri seseorang, baik fisik, mental, emosi dan aspek spiritualnya. Sedangkan sakit, merupakan kebalikannya.

Sakit selain terjadi karena ketentuan Allah, juga akibat campur tangan manusia itu sendiri. Dimana apabila manusia tidak mengikuti aturan atau bertentangan dengan ilmu (ketentuan) Allah SWT sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasululloh yang kemudian kita kenal dengan istilah harmoni. Dan apa bila terjadi perubahan dan ketidakseimbangan maka akan menjadikan semuanya turut berubah.

Penyakit juga bukan saja bersumber dari kuman, virus atau patogen yang lain. Melainkan juga bersumber dari kelemahan sistem imunitas manusia itu sendiri.

Dan dalam pandangan Islam, Penyakit itu disebabkan oleh 4 faktor. Apa saja 4 faktor itu?

4 (Empat) Faktor yang menyebabkan Penyakit.

1. Toksin (Racun) yang tertimbun
Penumpukkan racun didalam tubuh manusia bisa berada di setiap organ. Dalam jangka waktu yang lama, racun tersebut akan melemahkan organ sehingga organ tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Ketidakseimbangan Suhu

Ketidakseimbangan suhu pada tubuh seseorang, baik suhu tubuh menurun atau bertambah disebabkan oleh urinasi yang bermasalah. Selain itu juga berhubungan dengan sistem hormonal tubuh yang tidak seimbang yang akan menyebabkan sistem metabolisme tubuh mengalami gangguan.

3. Ketidakseimbangan Angin
Ketidakseimbangan angin didalam tubuh berawal dari terjadinya penumpukkan feses didalam usus besar sehingga tubuh mengalami auto-intoksikasi, yaitu tubuh mengalami proses meracuni dirinya sendiri. Racun yang dimaksud adalah gas yang dihasilkan oleh fermentasi dari feses yang tidak terbuang tersebut.

4. Ketidakseimbangan pikiran
Ketidakseimbangan pikiran yang dialami seseorang akan menyebabkan tubuh mengeluarkan berbagai jenis hormon yang akan melemahkan sistem imunitasnya. Diantaranya adalah hormon adrenalin dan hormon non adrenalin, hormon kartisol, hormon steroid dan sebagainya.

Sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan penyakit dan obat,
dan menjadikan untuk kamu bahwa setiap penyakit ada obatnya.Oleh karena itu berobatlah,tetapi jangan berobat dengan yang Haram.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam