Download Materi Program PKP Semua Mapel

shares

Pada beberapa tahun terkhir ini, beberapa guru diseluruh indonesia sudah ada yang mengikuti program yang diadakan oleh Ditjen GTK, namun masih banyak juga yang masih belum. Ada yang sudah masuk kedalam daftar peserta guru sasaran Program PKP, ada juga yang belum sama sekali. Karena memang, program ini akan dilaksanakan secara bertahap, mengingat minimnya alokasi dana dari pemerintah pusat. Akibatnya pemerintah daerah harus ikut membantu dan berkontribusi dalam menyukseskan program pkp ini.

Nah bagi Bapak/Ibu guru yang sudah masuk kedalam daftar peserta guru sasaran PKP, namun belum memiliki dokumen penunjang sebagai bahan persiapan, disini kelasmat menyiapkan buku/materi pegangan untuk semua guru mata pelajaran. Namun, sebelum mendownload materi tersebut, alangkah lebih baik bapak/ibu guru memahami terlebih dahulu program PKP dan apa saja prinsip-prinsipnya.


Pengertian PKP dan Prinsip-prinsipnya

Pengertian Program PKP

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran atau pkp, yang untuk selanjutnya disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui pembinaan kepada guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada keterampilan berpikir orde tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program sim pkb yang diamanatkan oleh Undang-Undang yakni Nomor 14 Tahun 2005 yang mengatur tentang Guru dan Dosen serta Permen Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru atau UKG, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya bagaimana cara mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Penyiapan Program PKP berbasis zonasi ini adakan oleh Ditjen GTK mulai dari penyusunan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi, Petunjuk Teknis Program PKB Berbasis Zonasi, Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur/Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi, Unit Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes awal dan tes akhir serta instrumen penjaminan mutu. Pedoman ini memberikan gambaran utuh tentang apa saja yang menjadi Program PKP Berbasis Zonasi.



Buku Pegangan Pembekalan Narasumber/Instruktur/Guru Inti
Buku ini memberikan panduan tentang pelaksanaan pelatihan khususnya skenario pelatihannya atau bisa dibilang prosedur teknis dalam pelaksanaannya.
Unit Pembelajaran
berisi materi pembelajaran dalam satu Kompetensi Dasar disertai dengan contoh latihan/kasus/tugas sesuai dengan berbagai model pembelajaran yang dipilih. Untuk RPP yang disusun oleh tim pengembang merupakan contoh RPP berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Pelaksanaan

Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk pelatihan berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing memiliki pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP (dengan pola In-On-In). Lebih lanjut tentang pelatihan ini akan dibahas pada Bab III

Tujuan dan Manfaat PKP

Tujuan PKP

seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa program pkp ini mempunyai Tujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru mulai dari membuat perencaan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Oleh karena itu, bagi rekan-rekan guru yang sudah mendapatkan jadwal pelatihan program PKP diharapkan dapat mengikuti dan melaksanakan program pkp ini dengan sungguh-sungguh. Karena program ini dilaksanakannya secara bertahap, artinya tidak semua guru mendapat kesempatan untuk mengikuti program ini secara serentak.

Manfaat PKP

Adapun manfaat dari dilaksanakannya program pkp ini adalah agar :
  1. Guru dapat terbiasa untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya
  2. Siswa terbiasa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya
  3. selain itu juga Program PKP ini Memberikan acuan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerialnya.

Prinsip-prinsip Program PKP

Adapun prinsip-prinsip dari pelaksanaan program PKP ini antara lain adalah :
1. Taat Azas
Program dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik yang diselenggarakan di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.
2. Berbasis Kompetensi
Program merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan oleh karenanya program ini berpedoman pada standar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, dan standar penilaian pada Kurikulum 2013
3. Terstandar
Pengelolaan Program harus memenuhi standar yang ditetapkan meliputi standar pengelolaan, standar fasilitator, standar sarana dan prasarana, standar penilaian, standar penyelenggaraan, standar waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
4. Profesional
Hasil analisa kesulitan peserta didik dalam mengikuti UN dan USBN menjadi dasar untuk PKP guru sesuai dengan jenjang satuan pendidikan. Selain itu, hasil UKG guru TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK dan hasil UKK guru kejuruan digunakan dalam analisis kebutuhan peningkatan kompetensi di masingmasing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK
5. Transparan
Proses perencanaan dan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan dilakukan secara terbuka dan transparan serta dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan.
6. Akuntabel
Proses dan hasil Program dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. Kredibilitas dari pelaksanaan proses dan hasil program dapat dipercaya semua pihak.
7. Berkeadilan
Semua guru pada setiap sekolah diharapkan akan mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi. Untuk mensukseskan penyelenggaraan Program PKP Berbasis Zonasi serta pertimbangan akan adanya keterbatasan dana di Pusat maka Pemerintah Daerah juga ikut membantu dan berkontribusi dalam mengalokasikan dana melalui APBD sehingga kekurangan tersebut dapat diatasi

Download Materi Program PKP

  1. Buku Materi PKP Bahasa Indonesia SMP (Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur).pdf, Download
  2. Buku Materi PKP Bahasa Inggris SMP (Teks Khusus).pdf, Unduh
  3. Buku Materi PKP Bimbingan Konseling (BK) SMP (Kemampuan Belajar).pdf, Download
  4. Buku Materi PKP Informatika SMP (Berpikir Komputasional).pdf, Download
  5. Buku Materi PKP IPA SMP (Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup).pdf, Download
  6. Buku Materi PKP IPS SMP (Manusia, Tempat, dan Lingkungan).pdf, Download
  7. Buku Materi PKP Matematika SMP (Pembelajaran Bilangan Rasional).pdf, Download
  8. Buku Materi PKP PJOK SMP (Bola Voli).pdf, Download
  9. Buku Materi PKP PPKn SMP (Pancasila).pdf, Download
  10. Buku Materi PKP Seni Budaya SMP (Pemeranan).pdf, Download

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam