Download Modul Pengembangan Soal HOTS Matematika SMP 2019

shares

modulhots

Salah satu isu internasional yang menyebabkan kurikulum pendidikan di indonesia terus mengalami perbaikan-perbaikan antara lain adalah karena pesatnya kemajuan Iptek, kebangkitan industri kreatif, budaya, dan bahkan perkembangan di dunia pendidikan internasional itu sendiri. Kurikulum 2013 dirancang dengan berbagai penyempurnaan. Penyempurnaan itu antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta pendalaman dan perluasan materi yang relevan bagi peserta didik serta diperkaya dengan kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional. 


Penyempurnaan lainnya yang juga sangat mencolok yaitu pada standar penilaian, dengan secara bertahap model-model penilaian mengikuti standar  penilaian internasional. Perbaikan proses Penilaian hasil belajar ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau yang disebut sebagai Higher Order Thinking Skills dan di singkat HOTS. sebagaimana kita ketahui bahwa berpikir tingkat tinggi ini dapat mendorong siswa untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajarinya.
Sebagai seorang yang terlibat dalam dunia pendidikan, apalagi seorang guru, maka sudah sewajarnya pula mampu mengembangkan pembelajaran di kelasnya berbasis HOTS. Karena hal yang terpenting untuk menyiapkan siswa untuk memperoleh kecakapan abad 21 yang terkenal dengan 4C nya, maka yang dapat dilakukan adalah dengan merubah sistem pembelajarannya. 
Khusus untuk mata pelajaran matematika Beberapa langkah berikut yang dapat bapak/ibu lakukan dalam proses pembelajaran di kelas di antaranya adalah :
  1. Penekanan dan pemahaman konsep
  2. Penerapan dan pengembangan konsep
  3. Pemahaman masalah
  4. Peyelesaian masalah dengan mengkaitkannya pada konsep materi yang telah dipelajari.
Keempat langkah diatas selama ini kurang dipraktekkan dalam pembelajaran Matematika. Mulai dari penekanan dan pemahaman konsep, masih banyak guru yang terburu-buru memberikan rumus, ringkasan materi, dan kemudian contoh soal agar pembelajaran jadi lebih singkat dan ”lebih mudah dipahami”. Memang pada awalnya seolah-olah metode seperti ini jauh lebih mudah dipahami dan diterima oleh sebagian siswa, namun ini bukanlah proses belajar. Metode seperti ini hanya akan menjadikan siswa ”bermental robot” melakukan sesuai prosedur yang ada tanpa menumbuhkan rasa ingin tahu ”mengapa mereka harus melakukan prosedur itu”. Sayangnya metode pembelajaran seperti ini banyak sekali terjadi di kelas-kelas dan bahkan sudah berpuluh-puluh tahun. Memang banyak alasan mengapa beberapa guru melakukan metode mengajar seperti ini, seperti kurangnya jam pembelajaran sehingga tidak memungkinkan materi dijelaskan secara konsep mendalam, kurangnya sarana untuk memperkenalkan konsep secara konkret, dan masih banyak yang lain-lainnya. 

Untuk dapat lebih memahami bagaimana mengembangkan Soal HOTS Matematika SMP 2019 dalam Proses pembelajaran di kelas, Maka bapak/ibu perlu mendownload dan membaca buku atau Modul Pengembangan Soal HOTS Matematika SMP 2019 ini. 
Bagaimana Cara Download Modul Pengembangan Soal HOTS Matematika SMP 2019?
Untuk mendownloadnya, bapak/ibu dapat mengunjungi link berikut ini. dan silahkan didownload dengan gratis.

Related Posts

Buka Komentar Blog

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam