Instrumen Penilain Sikap Matematika Sesuai Permindikbud

Contoh Instrumen Penilain Sikap Pada Kelas Matematika Sesuai Permindikbud No. 23 Tahun 2016
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Pada Kurikulum 2013, penilaian hasil belajar siswa mencakup tiga kompentensi yakni kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dimana Ketiga Kompetensi tersebut harus dilakukan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana perkembangan atau perubahan ataupun capaian setiap siswa terhadap standar yang telah ditetapkan. Untuk Saat ini, Permendikbud tentang penilaian hasil belajar siswa oleh pendidik atau guru dalam pembelajaran yang berlaku yaitu Permendikbud No. 23 tahun 2016 dimana permindikbud ini menggantikan permendikbud sebelumnya yaitu No. 53 tahun 2015.Dari ketiga kompetensi tersebut, yang akan di bahas dalam penjelasan kali ini adalah khusus tentang Penilain Sikap Pada Kelas Matematika. Sebelum saya memberikan contoh instrumen sikap pada kelas matematika, saya coba jelaskan sedikit mengenai Pengertian sikap itu sendiri. Sikap bermula dangan aspek perasaan (baik suka ataupun tidak suka, sedih atau bahagia dan lain-lain) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup dari seseorang. Karena sikap berhubungan erat dengan cara pandang dan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu atau objek, maka sikap juga dapat dibentuk dan di arahkan sehingga terjadi perubahan perilaku sesuai dengan apa yang harapkan.
Dalam Kelas matematika, penilaian sikap di tujukan untuk mengetahui capaian perkembangan sikap siswa dan memfasilitasi tumbuhnya perilaku siswa sesuai dengan butir-butir nilai sikap yang tertuang dalam Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Inti, baik kompetensi Inti I yaitu Kompetensi Spiritual maupun Kompetensi Inti 2 yakni Kompetensi Sosial.
Cara Apa saja yang dapat digunakan untuk Menilai sikap Siswa?
Ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh guru matematika untuk menilai sikap siswa antara lain melalui observasi/pengamatan sebagai sumber informasi utama, Penilaian Diri dan Penilaian antar teman, serta Jurnal. Sedangkan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas yang hasilnya disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi.
Berikut ini Saya sajikan beberapa contoh Hasil Penilaian Sikap yang dibuat oleh guru matematika.

Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual yang Dibuat Guru Matematika

Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Satu Atap Mempura
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : VIII/semester 2
Mata Pelajaran : Matematika
No. Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Tindak Lanjut
1 20/7/2019 Amat Tidak Mengikuti Solat dzuhur berjamaah disekolah Ketaqwaan Pembinaan
2 11/8/2019 Madan Mengingatkan teman untuk sholat dzuhur berjamaah disekolah Toleransi Beragama Lanjutkan
3 dst dst dst dst dst
4 dst dst dst dst dst
5 dst dst dst dst dst

Contoh Jurnal Penilaian Sikap Sosial yang Dibuat Guru Matematika

Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Satu Atap Mempura
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : VIII/semester 2
Mata Pelajaran : Matematika
No. Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Tindak Lanjut
1 20/7/2019 Adi Menolong seorang lanjut usia menyeberang jalan di depan sekolah Santun Teruskan
2 11/8/2019 Nanang Menjadi pemimpin upacara HUT RI di sekolah Percaya Diri Lanjutkan
3 11/8/2019 Ashfi Terlambat mengikuti upacara Disiplin Pembinaan
4 dst dst dst dst dst
5 dst dst dst dst dst
Mungkin itu saja dulu contoh Instrumen Penilain Sikap Pada Kelas Matematika Sesuai Permindikbud No. 23 Tahun 2016 Semoga dapat bermanfaat bagi saya sendiri khususnya dan untuk pembaca setia blog ini umumnya.
ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama