Bagaimana Memilih Platform yang Pas?

shares

Bagaimana cara memilih platform blog yang Pas buat Blogger Pemula?

Alt Text!
Ada banyak macam/jenis platform yang dapat anda gunakan untuk memulai ngeblog. Diantaranya adalah Wordpress, Blogger, Drupal, Joomla, prestashop dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang masih baru di dunia blogging, tentunya perlu mengetahui Platform mana yang pantas untuk anda. Hal ini dikarenakan masing-masing plaltform memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun dari sekian banyaknya Platform, ada dua platform yang saya rekomendasikan bagi anda yang masih pemula. Yaitu Wordpress atau Blogger. Karena kedua platform ini lebih user friendly alias lebih mudah digunakan dan lebih familiar bagi para bloger pemula. Untuk itu, supaya anda tidak ragu menentukan mana yang cocok untuk anda gunakan, simak beberapa ringkasan berikut ini.

A. Blogger atau Blogspot

Kenapa Blogger atau Blogspot.com saya tempatkan pada urutan yang pertama? Karena merupakan salah satu platform blogging yang banyak digunakan selain WordPress. Selain karena gratis dan sangat mudah dibuat, tampilan dan fitur Blogger juga sangat user-friendly.

Ada banyak alasan kenapa Blogger menjadi salah satu pilihan utama bagi pemula seperti saya dalam membuat blog dengan mudah dan cepat. Salah satu alasannya adalah selain yang sudah saya ungkapkan di atas bahwa Blogger adalah salah satu produk yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para blogger baik yang pemula maupun yang sudah mahir dan malang melintang didunia perbloggeran.

Pada mulanya Blogger ini bukanlah milik perusahaan google, melainkan produk milik Pyra Labs, yang kalo tidak salah diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Namun, kemudian Google mengakuisisinya atau membelinya pada tahun 2003 sehingga membuat Blogger menjadi salah satu produk andalan bagi google.

Sejak dibeli nya blogger dari Pyra Labs, banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Google dalam memenuhi keinginan para penggunanya, misalnya saja:
  • mengintegrasikan Picasa di tahun 2004 sehingga Blogger memiliki fasilitas penyimpanan Foto. Fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan foto maupun untuk berbagi.
  • Servernya datanya dipindahkan ke server Google
  • Standarisasi gadget/widget
  • penambahan template Blogger
  • penambahan fitus https
  • bisa costum domain tanpa upgrade akun di google
  • bisa ikut jadi publisher adsense
  • dan masih banyak perubahan lain yang membuat Blogger menjadi
  • platform blogging tangguh seperti yang kita kenal sekarang.
Untuk anda yang baru mencoba blogging, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan platform yang satu ini, apalagi kalau anda ingin memonetasi blog yang anda buat tanpa harus keluar modal terlebih dahulu.

Supaya anda tidak ragu dalam memilih Blogger sebagai penunjang blog pertama anda, berikut ini saya uraikan keunggulan-keunggulan dari blogger.

Kelebihan Blogger atau Blogspot

1. Gratis

Ini adalah salah satu alasan utama bagi kebanyakan orang memilih Blogger termasuk juga saya..hehehe
Dengan Blogger, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang kecuali untuk membeli pulsa internet. Semua Fasilitas yang ada pada Blogger diberikan secara cuma-cuma alias gratis oleh perusahaan Google. Anda bahkan bisa membuat sampai 100 blog untuk setiap akun Google. 100 Blog itu bukan sedikit loh.. mengurus 1 blog saja sudah pusing apalagi sampai 100. Tapi itulah hebatnya google. Semuanya digratiskan tanpa harus membayar sepeserpun.

2. Mudah dan praktis

Kelebihan yang kedua adalah Mudah dan juga Praktis. Membuat blog di Blogger sangatlah mudah, dalam hitungan menit sudah langsung bisa jadi dan aktif. Anda hanya perlu masuk ke dalama Blogger.com dan login sebagai akun Google yang Anda punya. Cukup tuliskan judul dan alamat blog yang anda inginkan maka Anda sudah bisa memiliki blog sendiri dengan alamat standar : alamatblog.blogspot.com setelah itu Anda bisa menambahkan fungsi lain dari dalam dashbord Blogger anda. misalnya dengan menambahkan gadget/ widget pada tampilan blog Anda.
Selain kemudahan seperti yang saya sebutkan tadi, Blogger atau blogspot juga terbilang sangat praktis. Untuk Anda yang tidak mau repot-repot melakukan perawatan blog atau kostumasi tema dan hanya mau menulis konten atau atikel, Blogger bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda. Karena didalam dashbord blogger sudah tersedia banyak tema yang bisa anda pakai dengan hanya sekali klik.

3. Terintegrasi dengan Google

Seperti yang saya sebutkan di atas, syarat membuat blog di Blogger adalah dengan diwajibkannya memiliki akun Google. hampir setiap orang di jaman sekarang ini pasti punya akun google. Mengapa? Karena hampir semua orang saat ini memiliki Smartphone di mana didalam smartphone untuk dapat mendapatkan aplikasi biasanya menggunakan play store sebagai pedoman. Kita tahu bahwa agar dapat menggunakan playstore, para pengguna smartphone diwajibkan membuat akun salah satunya adalah akun google.

Namun, jika anda belum punya akun google mungkin saat ini anda perlu membuatnya, gratis koq.  Dengan memiliki akun Google, anda akan dapat dengan mudah mendapatkan semua layanan dari Google hanya menggunakan satu akun. Kita tahu, layanan google ini sangat banyak yang diberikan secara cuma-cuma. Salah satu nya adalah Blogger.com

Blogger atau Blogspot dapat terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Adsense, Google Anallytics, dan google search console dan Adwords bagi para penggiat bisnis marketing.

4. Blogger Dibackup oleh server yang handal

Sejak google mengakuisisi Blogger, baru pada semester akhir tahun 2007 Google berhasil memindahkan Blogger atau blogspot secara menyeluruh ke server google sendiri. Jadi kalau anda membuat blog di Blogger, maka secara otomatis anda juga menggunakan jasa layanan hosting dari Google. ini artinya anda memiliki dekingan
server yang super handal yang dapat menampung jumlah pengunjung blog (traffik) yang tinggi. Selain dapat menampung traffik yang tinggi, jaminan crash juga akan teratasi. dan selama ini yang saya tau, blogger sangat jarang crash atau server down.

5. Keamanan yang Terjaga dan Terjamin

Meskipun tidak ada garansi yang pasti dari pihak google untuk masalah keamanannya, namun sangat mustahil untuk dapat membobol akun Blogger yang anda buat. Karena pihak google telah memberikan pengamanan yang berlapis.

6. Blogger Bisa menggunakan kustom domain 

Bagi anda yang menjadikan blog sebagai penghasilan tambahan, alangkah baiknya merubah nama domain blog nya menjadi domain yang top level domain (TLD). Hal ini menunjukkan keseriusan seseorang dalam menjalani bisnis nya. berbeda dengan masih menggunakan domain.blogspot.com, orang lain masih akan meragukan keseriusannya.
Untuk mendapatkan nama domain TLD, sebenarnya didalam dashboard blogger sekarang ini sudah ada fasilitas beli domain langsung ke google, namun anda juga bisa mendaftarkannya pada situs yang khusus melayani pembelian nama domain seperti godaddy, NameCheap, atau pada penyedia layanan domain sekaligus hostingnya seperti Niagahoster, IDWebhost, idhostinger atau Masterweb dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang mengingikan Domain Tld (.com) yang sangat murah, Anda bisa membelinya di MasterWeb. Terakhir saya membeli domain untuk blog ini yakni kelasmat.com hanya dengan Harga Rp 90 an ribu saja. Jadi apa lagi, Ayo buruan beli Domain dot com disini.

Kelebihan dari blogger, anda dapat dengan mudah menggunakan custom domain anda sendiri tanpa harus mengupgrade akun anda terlebih dahulu seperti yang ada pada wordpress atau platform yang lainnya.

7. Monetasi blog

kelebihan lain dari blogger selanjutnya adalah monetasi blog. Untuk Anda yang ingin membuat blog untuk dapat penghasilan tambahan dengan memakai jasa adsense, Blogger bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Karena blogger adalah bagian dari google, tentu akan menjadi prioritas dibanding dengan platform lainnya. dengan menggunakan Blogger, anda juga dapat bebas mengikuti program afiliasi atau reseller atau bahkan menggunakan iklan PPC atau program lain nya.

Dengan segala kelebihannya, tentu saja Blogger juga memiliki banyak kelemahan. Apa sajakah kelemahannya?

Kelemahan blogger diantaranya adalah:
  1. Kekurangan atau kelemahan Blogger yang pertama adalah tampilan dari dasboard adminnya yang sangat sederhana.
  2. Dalam menulis postingan atau artikel, diblogger tidak bisa leluasa tidak seperti di dalam wordpress yang bisa ditambah dengan memanfaatkan plugin.
  3. akan sedikit sulit untuk menyesuaikan tampilan blog bagi anda yang masih baru mengenal HTML dan CSS.
  4. kelemahan yang terakhir, karena blogger merupakan salah satu produk Google, maka kita sebagai penggunanya harus patuh dan tunduk pada peraturan yang dibuat oleh Google.

B. Wordpress

WordPress merupakan platform sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. CMS atau sistem manajemen konten itu artinya adalah aplikasi web dimana kita sebagai orang awam dan tidak menguasai bahasa pemogramanpun dapat untuk mengelola website atau menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah HTML, CSS, PHP, Javascript dll. Ada dua pilihan dalam menggunakan wordpress, yang pertama anda bisa membuat blog di wordpress.com untuk anda yang tidak memiliki hosting atau pilihan yang kedua anda bisa menggunakan wordpress.org untuk anda yang punya hosting sendiri (self Hosting). Untuk beda keduanya akan saya jelaskan pada kesempatan lain.

Bahasa dasar dari wordpress adalah dengan bahasa PHP dan MySql. Hampir setiap penyedia hosting didunia menyediakan platform wordpress ini. Karena memang lebih dari 30% dari website besar di dunia menggunakan wordpress. Alasannya tentu karena dalam wordpress banyak kelebihan dibandingkan blogger atau blogspot. Tapi itu jika anda sudah menguasai bahasa PHP dan MySql. Untuk anda yang masih belum menguasainya lebih baik menggunakan blogspot. Karena kalau salah-salah dalam pengoperasiannya bisa fatal error.
Mengapa banyak orang lebih memilih wordpress sebagai platform bog atau websitenya? Berikut ini adalah beberapa kelebihan wordpress di bandingkan dengan platform lain.

Kelebihan Wordpress

1. Gratis

Sama dengan blogger, wordpress juga menyediakan fitur gratis bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan dana. Namun, tentu saja versi gratisan tidak selengkap fasilitas yang berbayar. Ini akan sangat mempengaruhi kinerja/dan performa blog anda. Dalam wordpress yang self host, anda bisa menginstal plugin sesuka anda. Sangat banyak plugin atau yang tersedia di internet. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar.

2. memiliki software antarmuka yang intuitif/menarik dan mudah digunakan

Berbeda dengan blogger yang memiliki tampilan dashboard yang sangat sederhana, di wordpress tampilan admin nya sangat fleksibel dan menarik. Bahkan bagi yang mengerti bahasa pemograman, wordpress adalah cms yang paling direkomendasikan untuk para pengembang.

3. WordPress bersifat open-source

Kenapa wordpress adalah cms yang paling direkomendasikan untuk para pengembang? karena wordpress memang bersifat open-source. Open source artinya siapa saja boleh menggunakan dan mengembangkannya.

4. Bisa menambah atau membuat fungsionalitas sendiri

bagi Anda yang pemula sekali pun dapat dengan mudah menambah fungsi-fungsi tambahasan dari wordpress dengan memanfaatkan plugin yang tersedia. mulai dari plugin untuk mempercantik tampilan atau juga untuk bisnis atau jualan online sangat banyak tersedia secara gratis.

5. Panduan atau tutorial yang Lengkap

Wordpress memiliki komunitas internet yang sangat besar jika dibandingkan dengan komunitas sejenisnya. Oleh karena itu, hampir setiap permasalahan yang terjadi (bug) di dalam wordpress akan dapat dengan segera teratasi.

6. Proses Update yang mudah dan cepat

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa komunitas wordpress merupakan yang terbesar sehingga setiap kali ada masalah atau perbaikannya atau bahkan jika ada pembaruan, maka wordpress selalu melakukan update. dalam melakukan update ini, pengguna tidak akan mengalami kesulitan karena di dalam wordpress sudah tersedia fitur update ke versi yang lebih tinggi baik secara otomatis ataupun secara manual.

Meskipun banyak kelebihannya, namun wordpress tetap saja masih memiliki kekurangan. Kekurangannya itu antara lain:

Kelemahan atau Kekurangan Wordpress
1. Tingkat keamanan agak beresiko
Karena sebagian besar website besar dibuat dengan wordPress, maka risiko terserang hacker juga semakin besar. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan menginstall beberapa plugin untuk mengamankannya.
2. Sering Bug
Masih banyak plugin yang belum suport dengan versi terbaru wordpress. akibatnya jika tidak hati-hati dalam mengupdate, bisa jadi website anda akan mengalami crash atau error.
3. Loading website berat.
Ada masalah yang sering dialamai bagi pengguna wordpress ketika Anda menginstall terlalu banyak plugin. Website atau blog akan terasa berat dan lambat ketika dibuka. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan menginstall plugin caching.

Kesimpulan :

Berdasarkan uraian di atas, saya harap anda sudah bisa menentukan pilihan untuk menggunakan Platform mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Secara pribadi, bagi anda yang belum menguasai bahasa php dan MySql, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan Blogger. Namun, alangkah lebih baiknya anda tetap mencoba wordpress juga. Jadi anda bisa lebih memahami kedua platform tersebut.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam