Jawaban esai Contoh Perubahan, Inovasi, Pemberdayaan, Gerakan, atau Lainnya yang Memberikan Dampak Nyata | Kelas Mat Jawaban esai Contoh Perubahan, Inovasi, Pemberdayaan, Gerakan, atau Lainnya yang Memberikan Dampak Nyata | Kelas Mat

Jawaban esai Contoh Perubahan, Inovasi, Pemberdayaan, Gerakan, atau Lainnya yang Memberikan Dampak Nyata

Berikut salah satu contoh perubahan dan dampak nyata dari inisiatif, ini bisa anda sesuaikan dengan program/kegiatan yang anda lakukan di sekolah anda

Melanjutkan Tulisan kami mengenai Seleksi Tahap 1 CGP tahun 2023, dimana pada tahap 1 ini para peserta yang mendaftar sebagai calon guru penggerak harus menjawab beberapa pertanyaan esai, yang salah satunya sudah kami bahas yakni Apa yang memotivasi anda menjadi seorang guru penggerak? apa yang anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?. Nah pada kesempatan ini, kelasmat akan mencoba memberikan contoh jawaban yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi dalam menjawab pertanyaan berikut ini.

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut?

Sebagai seorang guru penggerak, saya memiliki inisiatif untuk mengenalkan program ekstrakurikuler "Program Lingkungan Hijau" di sekolah tempat saya mengajar. Program ini bertujuan untuk memberdayakan siswa dalam upaya melestarikan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah dan komunitas sekitarnya.

Contoh Perubahan dan Dampak Nyata Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Contoh Perubahan dan Dampak Nyata Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Berikut adalah contoh perubahan dan dampak nyata dari inisiatif, (ini bisa anda sesuaikan dengan program/kegiatan yang anda lakukan di sekolah anda):

1. Pengurangan Sampah Plastik

Melalui program ini, saya mengajak siswa untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mengadopsi penggunaan botol minum yang dapat diisi ulang. Siswa juga diajak untuk memilah sampah dan mengumpulkan botol plastik yang akan didaur ulang. Dampaknya adalah mengurangi sampah plastik di sekolah dan membantu mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Baca Juga : Contoh Jawaban Esai CGP Pertanyaan Apa Kelebihan yang Mendukung Peran Anda Sebagai Guru Penggerak{alertWarning}

2. Penanaman Pohon dan Tanaman

Siswa-siswa dalam program ini berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon dan tanaman di halaman sekolah dan area terdekat. Selain menciptakan lingkungan yang hijau dan sejuk, ini juga membantu mengurangi polusi udara dan memberikan manfaat positif bagi kesehatan dan iklim.

3. Sosialisasi di Komunitas Sekitar

Melalui Program Lingkungan Hijau, siswa diajak untuk berbicara dengan keluarga dan tetangga mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan. Mereka membagikan pengetahuan mereka tentang praktik ramah lingkungan, seperti daur ulang dan menghemat energi. Dampaknya adalah menyebarkan kesadaran lingkungan ke masyarakat lebih luas dan menciptakan perubahan positif dalam perilaku konsumsi.

4. Mengintegrasikan Lingkungan dalam Kurikulum

Saya juga berusaha untuk mengintegrasikan isu-isu lingkungan dalam kurikulum pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami hubungan antara aksi manusia dan dampaknya terhadap lingkungan. Ini mencakup mengajar tentang isu-isu seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan upaya konservasi.

Contoh Jawaban Esai CGP Pertanyaan Apa Motivasi Anda Menjadi Guru Penggerak
Social Engineering adalah Sebuah Teknik untuk Memanipulasi dan Mengarahkan Perilaku Seseorang atau Sekelompok Orang dengan Menggunakan Kekuatan Hipnotik Bahasa, Rasa Rikuh atau ragu serta Preferensi Pribadi Seseorang Terhadap Suatu Isu.
Contoh Jawaban Esai CGP Pertanyaan Apa Motivasi Anda Menjadi Guru Penggerak

Apa yang mendorong saya melakukan inisiatif ini adalah kesadaran tentang eskalasi masalah lingkungan yang dihadapi dunia saat ini. Saya merasa sebagai seorang pendidik, saya memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya memberikan pengetahuan akademik, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai sosial dan lingkungan kepada siswa. Melihat antusiasme dan semangat siswa dalam berpartisipasi dalam program ini, serta melihat dampak positif yang dihasilkan, semakin memperkuat motivasi saya untuk terus melanjutkan inisiatif ini.

Saya percaya bahwa dengan memberdayakan siswa dalam upaya melestarikan lingkungan, mereka akan menjadi agen perubahan yang kuat dalam mendorong praktik berkelanjutan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Ini bukan hanya mengubah perilaku siswa, tetapi juga memengaruhi pola pikir mereka dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan alam bagi kualitas hidup dan masa depan mereka.

Referensi Terkait

ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama