Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay) | Kelas Mat Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay) | Kelas Mat

Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay)

Berikut ini kelasmat akan memberikan tutorial tentang Cara-cara Membuat Kerajinan dari bahan rumahan seperti Adonan Tepung atau kerajinan Flour Clay
Hey sobat kelas mat, kali ini saya akan memberikan postingan tentang cara bagaimana membuat kerajinan Adonan Tepung atau biasa juga disebut dengan Flour Clay. Flour clay ini merupakan sejenis bahan tepung yang dibuat menjadi seperti adonan kue. dimana Adonan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi kalis dan lunak sehingga akan lebih mudah untuk dibentuk. Adonan tepung yang semacam ini disebut juga dengan istilah playdought.
Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay)

Flour clay sendiri sebenarnya lebih banyak mencerminkan kegiatan pengisi waktu luang di rumah bagi anak-anak, karena memang bahan-bahan yang digunakan pun berasal dari dapur, yaitu bahan yang biasa dipakai untuk mengolah makanan sehari-hari. Kerajinan flour clay ini juga memberikan peluang bisnis yang cukup besar, mengingat sifatnya yang halus, lunak dan mudah dibentuk sehingga dapat dikreasikan dan aman bagi anak-anak menjadi bentuk-bentuk yang kreatif dan menarik.

Karakteristik Flour Clay

  1. Flour clay berasal dari adonan tepung yang dilumat hingga kalis dan mudah dibentuk.
  2. Flour clay juga dicampur dengan air.
  3. Kerajinan dari flour clay tidak tahan air, karena jika terkena air akan mudah rusak.
  4. Pewarnaan flour clay dapat dilakukan dengan pewarna makanan atau sintetis agar muncul warna-warna yang cerah dan menarik

Bahan Untuk Membuat Kerajinan Flour Clay

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan flour clay yaitu:
  1. tepung terigu,
  2. tepung sagu,
  3. tepung tapioka,
  4. lem putih,
  5. pewarna makanan/cat poster/akrilik,
  6. dan semprot clear
Adapun untuk Bahan pendukung lainnya dapat menyesuaikan kebutuhan misalnya untuk membuat boneka maka diperlukan peniti bros, gantungan kunci, dan magnet dan lain-lain.

Alat Pembuatan Kerajinan Adonan Tepung

adapun Alat-alat pembuatan kerajinan flour clay ini sebenarnya merupakan alat sederhana yang biasa ada di rumah. Untuk dapat membuat flour clay sediakan terlebih dahulu baskom, sendok, mangkuk, spatula, tripleks, plastik, gelas ukur, dan waslap.
Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay)

Cara Membuat flour clay

Proses pembuatan kerajinan dari flour clay sebenarnya sama mudahnya dengan kerajinan dari tanah liat. Namun, karena kita beri warna dan warnanya yang sudah terlihat menawan, maka akan lebih baik dalam proses pembuatannya harus memadukan warna-warna dengan bentuk yang akan dibuat sehingga akan memunculkan nilai keindahan dan keharmonisan.
  • Semua tepung dicampur dan dilumuri air secukupnya.
  • Aduk adonan hingga kalis yang ditandai dengan sudah tidak lengket
  • Setelah adonan jadi, beri pewarna makanan atau sintetis agar warnanya telihat menarik
  • Cara Membuat Kerajinan Adonan Tepung (Flour Clay)
  • Bentuk adonan sesuai selera. Misalnya kamu bisa membuat boneka atau mainan lain yang kamu suka

Referensi Terkait

ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama