Simulasi CPNS 2020 Materi PANCASILA

Kelas Mat - Tes CPNS yang beberapa bulan lagi akan dilaksanakan menggunakan sistem CAT dengan melalui 2 kempetensi utama, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menuntut para peserta seleksi CPNS untuk lebih giat lagi dalam mempersiapkannya. Belajar dari pengalaman beberapa tahun yang lalu, banyak peserta tes yang gagal di seleksi kompetensi Dasar terutamanya pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada sub materi Dasar Negara atau Pancasila.
Simulasi CPNS 2020 Materi PANCASILA
Perlu diketahui bersama bahwa Tes Wawasan Kebangsaan ini terdiri dari beberapa pilar utama yakni:
  1. Pancasila
  2. Undang-undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. NKRI (Sistem Tata Negara Indonesia, Sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia yang baik dan Benar)
Sebelum memulai simulasi CPNS 2020 Materi Pancasila, alangkah baiknya kita flash back dan pahamai terlebih dahulu Pengertian pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara artinya adalah ideologi Pancasila menjadi landasan, panduan dan pedoman resmi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejak pertama kali indonesia didirikan, indonesia telah menetapkan Pancasila sebagai dasar negara sekaligus ideologi negara. oleh karena itu, Kita rakyat Indonesia sudah selayaknya menempatkan Pancasila di posisi yang luhur dan mulia, namun bukan pula berarti menuhankannya.
Sejak zaman Majapahit, yaitu sekitar abad ke-14 masehi, istilah Pancasila sudah dikenal oleh masyarakatnya. Pancasila Berasal dari Bahasa Sansekerta, yang merupakan perpaduan istilah panca dan sila. Panca artinya lima, dan sila artinya batu sendi, maksudnya adalah prinsip dasar.

Sejarah Lahirnya Pancasila

Sebuah Naskah kuno pada zaman Majapahit yaitu kakawin NagaraKertagama karangan Empu Prapañca telah memuat istilah Pancasila yang berarti lima prinsip dasar. Prapañca menulis kakawin NagaraKertagama ini ketika bekerja pada raja Rājasanagara yang lebih dikenal dengan nama Hayam Wuruk. Mpu Prapanca sebenarnya adalah sebuah nama samaran, berdasarkan kata maparab Prapañca dalam Nagarakertagama. Menurut sejarawan Hadi Sidomulyo nama asli Prapañca adalah Dhang Acarya Nadendra.
Naskah tersebut ditulis sekitar abad 14.
Enam abad kemudian ketika sedang berada di dalam pengasingannya yakni di Flores, Bung Karno mengklaim diri mendapat ilham tentang nilai-nilai dasar yang layak menjadi ideologi Indonesia. Kelima nilai dasar tersebut adalah Pancasila.
Kemudian Bung Karno secara formal menyampaikan usulan tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia ini pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945. Sidang BPUPKI sendiri berlangsung selama sekitar 4 hari yakni pada 29 Mei – 1 Juni 1945. Pancasila pada saat itu masih berupa rumusan lima nilai yang masih diperdebatkan. Misal, Pada 29 Mei, Muh. Yamin menyampaikan Pancasila terdiri dari lima nilai sebagai berikut:
  1. Perikebangsaan
  2. Perikemanusiaan
  3. Periketuhanan
  4. Perikerakyatan
  5. Kesejahteraan rakyat
Kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno mengusulkan lima asas Pancasila sebagai berikut:
  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau perikemanusiaan
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan
Karena pada saat itu tidak menemukan kesepakatan dalam merumuskan Panca Sila, Kemudian Pada tanggal 22 Juni 1945 dibentuklah Panitia Sembilan yang diketuai oleh Bung Karno. Panitia Sembilan ini menghasilkan Piagam Jakarta yang didalamnya terdapat rumusan Pancasila sebagai berikut:
  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Bila kita perhatikan pada piagam jakarta tersebut, ada sedikit perbedaan dengan pancasila pada saat ini, karena memang pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI yang diketuai Ir. Soekarno menetapkan pancasila sebagai dasar negara dengan merubah piagam jakarta tersebut dengan menghapus beberapa kata pada sila pertamanya, sehingga menjadi "Ketuhanan yang Maha Esa".
Sebenarnya saya membuat Latihan Tes CPNS CAT 2020 ini, bukan untuk mengajari teman-teman atau siapapun. Sejujurnya status saya hingga saat ini masih honorer disalah satu instansi pendidikan. Dan tentunya sebagai honorer, ada yang selalu di impi-impikannya yaitu dapat berubah statusnya menjadi ASN. Oleh karena itu, disini saya mencoba mengumpulkan satu persatu soal cpns yang sudah ada jawabannya yang saya dapat baik dari internet maupun dari beberapa buku yang kemudian saya jadikan bahan untuk saya pelajari.
ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Lebih baru Lebih lama