Kerajinan Tangan dari Bambu

shares

Kelas Math - Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai estetis dan ekonomi tinggi. Sejak ratusan tahun lalu, orang Indonesia telah menggunakan bambu untuk berbagai kebutuhan, mulai dari yang paling sederhana seperti tempat jemuran hingga tikar dan anyaman yang rumit. Sampai saat ini, bambu masih digunakan untuk keperluan tersebut. Bahkan saat ini, produk kerajinan bambu tampil dengan desain lebih menarik dan artistik hingga kini banyak digunakan di hotel-hotel berbintang, cottages, spa, butik, bank, toko serta interior bangunan modern.
Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan bahan alam dari bambu adalah teknik anyaman dan teknik konstruksi tempel atau sambung. 
Anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan berbagai motif dan bentuk yang menarik.

Bahan dan Alat Kerajinan Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu

Produk Kerajinan dari Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu
Penggunaan bambu sebagai bahan baku kerajinan yang dimanfaatkan adalah kulit bagian luar dan bagian dalam. Dan untuk hasil terbaik gunakan jenis bambu yang lentur dan direndam semalaman terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar bambu tidak mudah patah saat pembentukan.

Kerajinan tangan dari bambu ini sangat beragam dan banyak jenisnya. Apalagi sekarang ini yang sedang menggalakan program save eart. (selamatkan Bumi).
Program ini adalah dengan meminalisir produk-produk yang berbahan plastik. sehingga, kerajinan dari bambu adalah solusi yang tepat untuk mensukseskan program tersebut. Sebagai contoh, pemerintah DKI jakarta sudah mulai menggunakannya pada proses pembagian daging hewan kurban ditahun ini. Semoga daerah-daerah lain pun dapat mengikutinya.

Related Posts

Buka Komentar Blog

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam