Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa

shares

Alt Text! Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa sangatlah banyak, Namun, Ada beberapa faktor yang patut diduga sebagai penyebab utama kesulitan belajar siswa. salah satu faktor itu bisa juga berasal dari dalam diri siswa itu sendirimaupun dari luar atau lingkungannya. Dari dalam diri siswa dapat disebabkan oleh faktor biologis/Fisik/keturunan maupun psikologis. Dari luar diri siswa, kesulitan belajar dapat bersumber dari keluarga (pendidikan orang tua, hubungan dengan keluarga, keteladanan keluarga dan sebagainya), keadaan lingkungan dan keadaan masyarakat sekitar secara umum.

Dalam pembahasan kelasmat.com kali ini, Tidak semua faktor itu dibahas secara lengkap dalam kesempatan ini. Namun Yang akan dibahas terutama adalah yang menyangkut faktor intelektual dan yang terkait dengan kompetensi siswa dalam segi materi matematika.

Kesulitan belajar tidak dialami hanya oleh siswa yang berkemampuan di bawah rata-rata atau yang dikenal sungguh memiliki learning difficulties, tetapi dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kemampuan manapun dari kalangan atau kelompok manapun. Tingkat dan jenis sumber kesulitannya beragam.
Menurut Brueckner dkk (1975) kesulitan belajar bersumber dari lima faktor, yaitu:
  1. Faktor Fisiologis
  2. Persentase kesulitan belajar siswa yang mempunyai gangguan baik penglihatan maupun pendengaran akan lebih besar dibandingkan dengan yang tidak mengalaminya.
  3. Faktor Sosial
  4. Hubungan keluarga dan tingkat kepedulian orang tua tentang masalah belajar anaknya di sekolah, merupakan faktor yang dominan terhadap kesulitan belajar siswa. artinya kasih sayang, pengertian, dan perhatian atau kepedulian terhadap belajar anak dirumah sangat penting dalam menunjang proses belajar anak disekolah Begitu juga dengan Faktor ekonomi orang tua dalam menunjang fasilitas belajar anaknya.
  5. Faktor Emosional
  6. Masalah siswa yang termasuk dalam faktor emosional dapat disebabkan oleh Obat-obatan tertentu, seperti obat penenang, ekstasi, dan obat lain yang sejenis, Kurang tidur, Diet yang tidak tepat, Hubungan yang renggang dengan teman terdekat, Masalah tekanan dari situasi keluarganya di rumah dan lain-lain.
  7. Faktor Intelektual
  8. orang-orang yang mengalami kesulitan dalam menggeneralisasi, berpikir deduktif,  dan mengabstraksi serta sulit dalam mengingat konsep-konsep matematika maupun prinsip-prinsip matematika, biasanya orang tersebut akan menganggap bahwa matematika itu pelajaran yang sulit dan menakutkan. Bahkan tak sedikit siswa yang phobia dan alergi dengan mata pelajaran matematika seolah-olah matematika itu pelajaran yang angker padahal seharusnya matematika itu adalah pelajaran yang menyenangkan meskipun memang masih sangat banyak misteri didalam matematika yang belum terpecahkan hingga kini.
  9. Faktor Pedagogis
  10. Di antara penyebab kesulitan belajar siswa yang sering dijumpai adalah faktor kurang tepatnya guru mengelola pembelajaran dan menerapkan metodologi pembelajaran dalam kelas. Misalnya saja masih banyak guru yang kurang memperhatikan kemampuan awal yang dimiliki siswanya.
Itu lah beberapa faktor-faktor penyebab kusulitan belajar siswa. Dengan kita menganalisis/mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa mudah-mudahan menjadi motivasi khususnya bagi para guru Matematika di lingkungan dunia pendidikan formal sehingga para guru kelak dikemudian hari akan mengadakan upaya-upaya perbaikan kualitas pembelajarnnya serta mencoba memecahkan kesulitan belajar siswanya. Guna menunjang/membantu guru matematika dalam mengajar dikelas, terutama kelas 7, silahkan download RPP Himpunan K13 Terintegrasi Kecakapan abad 21 dan Pendidikan Anti Korupsi

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam