Kerajinan dari Bahan Logam dan Batu

shares

Kerajinan-kerajinan tangan tangan tidak hanya terbuat dari bahan-bahan alam seperti kayu, tanah liat dan Serat alam saja, tetapi juga sebetulnya masih banyak lagi kerajinan-kerajinan yang terbuat dari bahan lain, misalnya Logam dan Batu.

Kerajinan Dari Bahan Logam

Keterampilan atau kerajinan dari bahan buatan yang termasuk dalam kategori logam juga banyak macamnya, seperti: emas, perak, perunggu, aluminium, besi, dan kuningan. Daerah penghasil kerajinan emas terdapat di Kalimantan Selatan maupun Jawa. Kerajinan perak terdapat di daerah Yogyakarta, Sumatra Barat, dan Bali. Untuk mengetahui daerah asal penghasil jenis logam lainnya, gunakan alat penelusuran google.com untuk dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber.

Bahan alam logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau aksesori kemudian berkembang pula sebagai benda hias dan fungsional lainnya, seperti: gelas, teko, wajan, nampan, wadah serbaguna bahkan sampai piala sebagai simbol kejuaraan. Logam memiliki sifat keras sehingga dalam pengolahannya memerlukan teknik yang tidak mudah, seperti diolah dengan teknik bakar/pemanasan dan juga tempa.
1)Bahan Kerajinan Logam.
Bahan-bahan kerajinan yang terbuat dari bahan logam diantaranya adalah emas, perak, dan aluminium.
2) Aneka Produk Kerajinan Logam

Kerajinan Dari Bahan Batu

Bumi Indonesia terhampar luas ragam bebatuan yang berkilau dan beraneka warna. Turis mancanegara kagum dengan warna warni bebatuan Indonesia. Daerah Martapura, Kalimantan merupakan penghasil batu warna yang dinilai sangat unik, Tulungagung menghasilkan batu marmer, Pacitan menghasilkan batu mulia beraneka ragam bentuk dan warna. Banyak daerah di Indonesia menjadikan bebatuan warna sebagai produk kerajinan seperti: aksesori pelengkap busana, juga sebagai penghias benda, penghias interior dan eksterior. Teknik pengolahan batu warna sebagai produk kerajinan harus digerinda dahulu, kemudian dirangkai. Untuk interior dan eksterior, digunakan teknik pahat dan ukir.

1) Bahan dan Alat Kerajinan Batu
Bahan dan alat kerajinan berbahan batu : batu-batuan, gerinda, dan kerajinan batu paras.
2) Aneka Produk Kerajinan dari Batu
Mengapa manik-manik dipakai oleh suku Dayak, beberapa alasan ini sangat penting untuk diketahui.
1. Manik-manik adalah salah satu perhiasan/aksesori khas yang digunakan suku Dayak sejak masa lalu, turun-temurun dari nenek moyang mereka.
2. Penggunaan manik-manik didasarkan sebagai ungkapan rasa syukur,  kegembiraan, dan selamat datang kepada para rekan/tamu yang  berkunjung ke kediaman mereka.
3. Suku Dayak pada dasarnya adalah manusia yang ramah dan suka berkawan. Mereka sangat menghormati kerabat dan tamu yang datang mengunjungi mereka.
4. Warna-warna khas Kalimantan yang terdapat pada manik-manik memiliki pengertian tersendiri.
Arti Warna dalam kerjinan manik-manik khas kalimantan. 
Kuning = bahenda, makna keagungan,  
merah = bahandang, makna keberanian, 
hitam = babilem, makna kepekaan,
hijau = bahijau, makna, kesuburan, dan 
putih = baputi, makna kesucian.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan memperhatikan beberapa point dibawah ini.

► Berkomentarlah sesuai topik
► Jangan sungkan untuk bertanya
► Saya sangat menghargai komentar anda.
► Di mohon untuk tidak menautkan link aktif , Karena link anda bisa jadi dianggap sebagai spam