Latihan Soal Himpunan SMP

Sebelum Memulai latihan Soal Himpunan, Mari kita sama-sama ingat kembali mengenai materi ataupun konsep dasar dari Himpunan.

Materi Himpunan

Himpunan adalah kumpulan benda-benda dan/ unsur-unsur yang telah didefinisikan dengan jelas dan juga memiliki sifat keterikatan tertentu.
Latihan Soal Himpunan SMP

Macam-macam himpunan

Ada beberapa macam himpunan, diantaranya adalah:
  1. Himpunan Berhingga
    Himpunan berhingga adalah himpunan yang jumlah anggotanya bisa dihitung, misalnya adalah kumpulan bilangan prima yang kurang dari 10. Ini berarti unsur-unsur bilangan yang dimaksud adalah 2, 3, 5, dan 7. Dengan demikian banyaknya anggota himpunan bilangan prima yang kurang dari 10 ada sebanyak 4 buah.
  2. Himpunan Tak Berhingga
    Sesuai dengan namanya, maka himpunan tak berhingga adalah himpunan yang jumlah anggotanya tak terhingga atau tidak dapat dihitung banyaknya. Misalnya adalah Himpunan Bilangan Asli. Kita tahu bahwa himpunan bilangan Asli itu sangat banyak dan tak terhingga oleh karenanya himpunan seperti di tuliskan dengan B = {1, 2, 3, . . .}. Titik-titik itu menandakan bahwa bilangan selanjutnya masih sangat banyak dan tak kan mungkin untuk dituliskan.
  3. Himpunan Kosong
    atau himpunan yang tidak memiliki anggota. Misalnya Himpunan bilangan Asli negatif. Bilangan asli yang negatif tentu tidak ada kan, oleh sebab itu himpunan yang seperti ini disebut himpunan kosong.
  4. Himpunan Semesta
    Himpunan semesta adalah himpunan dari semua objek yang sedang dibicarakan. Himpunan semesta ini dituliskan dengan huruf S. Misalnya kita tadi kita sedang membicarakan Himpunan Bilangan prima yang kurang dari 10, maka himpunan semesta nya yang mungkin adalah Himpunan bilangan Asli atau Himpunan bilangan Cacah. Dan dituliskan S = {bilangan Asli} atau S= {bilangan Cacah}
  5. Himpunan Bagian
    Himpunan A disebut himpunan bagian dari B apabila semua anggota A merupakan anggota B. Perhatikan gambar di bawah ini.
    Latihan Soal Himpunan SMP

Sifat-sifat pada Himpunan

Adapun sifat-sifat pada operasi himpunan adalah sebagai berikut:
sifat-sifat himpunan pada Latihan Soal Himpunan SMP

Latihan Soal Himpunan

sebenarnya Inti dari tulisan ini adalah bahwa kelasmat disini ingin mengajak temen-temen khususnya yang masih dibangku SMP untuk selalu belajar agar pada saat ujian nanti tidak terasa terbebani. Baca Belajar Efektif Jauh Sebelum Waktu Ujian agar lebih jelas mengapa kita harus persiapkan/belajar jauh-jauh hari sebelum ujian dilaksanakan.
ArRahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama